PETIK PERDANA "MIKI". BUPATI SUKABUMI ; MODEL DEMPLOT LEBIH MENGUNTUNGKAN PETANI
-->

Advertisement


PETIK PERDANA "MIKI". BUPATI SUKABUMI ; MODEL DEMPLOT LEBIH MENGUNTUNGKAN PETANI

REDAKSI
12 Februari 2020

LKI-CHANNEL , SUKABUMI

Sabtu (8/2/20) merupakan moment penting bagi perkembangan bidang pertanian di Kab. Sukabumi khususnya di Kec. Sukaraja, karena beberapa varietas unggul Alpukat dilakukan petik perdana, buah bernama latin Persea Americana Mill tersebut dibudidayakan di Hygreen Avocado Farm yang terletak di Kampung Bunisari, Langensari Kec. Sukaraja.

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami yang hadir dalam petik perdana tersebut mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sukabumi terus mendorong sektor pertanian di wilayahnya baik dari bunga potong, sayuran, hingga hasil perkebunan.

" Model demplot ini harus menjadi perhatian supaya hitungan ekonomisnya bisa terhitung dan menarik para petani sehingga saat mau menanampun bisa mencermati untung ruginya, jadi tidak berspekulasi" jelasnya
Menurutnya, mayoritas masyarakat di Kabupaten Sukabumi adalah petani, untuk meningkatkan kesejahteraannya harus didorong lewat kebijakan pemerintah.

"Kalau tidak didorong kebijakan pemerintah, sulit untuk intesifikasi dan diversifikasi pertanian, kedepan para petani perlu di dukung aspek teknologinya sehingga bisa lebih sejahtera," ungkapnya.

Sementara Pemilik Hygreen Avocado Farm, Abdul Malik mengatakan, terdapat 350 tanaman alpukat yamg dikembangkan di lahan seluas 3,5 hektare. Semua tanaman tersebut terbagi ke dalam lima varietas , Ada miki, Bahagiawati, Yadi mulyadi, Arya, dan alvin. Varietas Miki yang paling banyak ditanam di sini," terangnya.

Meskipun Alpukat yang ditanam baru berusia tiga tahun, namun sudah bisa menghasilkan buah hingga 20kg/pohon. "Kalau usianya sudah di atas 15 tahun, bisa sampai 1 ton dalam satu pohon. Sejauh ini kami jual ke konsumen secara langsung dan beberapa supermaket premium," paparnya.
Di akhir kegiatan, Pemilik Hygreen Avocado Farm Abdul Malik menyerahkan bibit alpukat kepada Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami. (Aang)