Gebyar pemberian 1000 akte kelahiran disdukcapil kabupaten Sukabumi
-->

Advertisement


Gebyar pemberian 1000 akte kelahiran disdukcapil kabupaten Sukabumi

REDAKSI
22 Maret 2020

LKI-CHANNEL , Sukabumi

Bertempat di Hotel Salabintana, Pada Rabu (26/4). Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sarjono Membuka Kegiatan Gebyar Pemberian 1000 Akta Kelahiran, Launching KIA dan Pembukaan Bintek Peningkatan Kapasitas Petugas Registrasi Desa/Kelurahan di Kabupaten Sukabumi.
Dalam sambutannya Wabub menyampaikan bahwa Berdasarkan Permendagri No 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak, anak-anak sudah dapat memiliki identitas resmi yang diakui Negara yang berupa Kartu Identitas Anak (KIA), Kabupaten Sukabumi mendapat prestasi dan terpilih sebagai salah satu model penerapan Kartu Identitas Anak dari 514 Kota/Kabupaten di Indonesia. Dikatakan Wabub mengapresiasi diselenggarakannya kegiatan ini , dimana anak adalah asset bangsa yang harus kita lindungi agar menjadi generasi penerus yang berkualitas, salah satu prioritas program pembangunan Kabupaten Sukabumi adalah Penataan Administrasi Kependudukan, fokus pembangunannya meningkatkan cakupan kepemilikan KK, KTP-EL, Akta Kelahiran, dan Akta Kematian.
Selanjutnya sebagai laporan panitia, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Sukabumi H. Sopyan Effendy menyampaikan, penerbitan dokumen kependudukan yang sudah dilaksanakan Disdukcapil Kab. Sukabumi adalah sebagai berikut : dalam penerbitan Kutipan Akta Kelahiran Anak usia 0-18 tahun, jumlah anak-anak di Kabupaten Sukabumi sebanyak 868.039 jiwa, dimana yang sudah memiliki Akta kelahiran adalah 802.646 jiwa atau 92% dan menduduki peringkat Pertama untuk tingkat Propinsi dan kedua untuk nasional. Adapun dalam penerbitan KTP-EL Jumlah wajib KTP di Kabupaten Sukabumi sebanyak 1.829.829 Jiwa dan yang sudah melakukan perekaman sebesar 1.644.954 jiwa atau 90%.
Mewakil Gubernur jawa Barat, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Prop Jabar Dr.H. Abas Basari, M.Si. mengapresiasi keberhasilan Kabupaten Sukabumi dimana dari 825.831 anak-anak usia 0-18 tahun 755.091 jiwa atau 91,435% telah memiliki Akta Kelahiran, sehingga Kabupaten Sukabumi telah melebihi target nasional.
Sementara Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri yang diwakili oleh Direktur Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan, Ir. Muhammad Masduki mengatakan, kegiatan ini merupakan momentum yang penting dalam mewujudkan Visi dan Misi Presuden RI Ir. Joko Widodo melalaui Nawa Cita yang antara lain memprogramkan "membuat Pemerintah tidak absen dengan membangun Tata kelola Pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya dengan cara menjalankan Reformasi birokrasi secara berkelanjutan dengan restrukturisasi kelembagaan, perbaikan kualitas pelayanan publik, meningkatkan kompetensi aparatur, memperkuat monitoring dan supervise atas kinerja pelayanan publik dengan penguatan desa/kelurahan dan kecamatan sebagai ujung tombak.
Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Sukabumi menerima Piagam Penghargaan Pencapaian Target Nasional Akta Kelahiran kelompok 0-18 tahun yang diserahkan oleh Direktur Pengelolaan Informasi dan Administrasi kependudukan Kementerian Dalam Negeri. Serta penyerahan secara simbolis Akta Kelahiran bagi anak-anak Sekolah dasar, serta penyerahan Tab bagi petugas Registrasi Desa serta penyerahan piagam penghargaan tentang cakupan kepemilikan Akta Kelahiran 0-18 Tahun Bagi camat dan Kepala desa/Lurah oleh Wakil Bupati didampingi Direktur Pengelolaan Informasi dan Administrasi kependudukan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Prop Jabar. (Yopi)