MTQ ke 44 ,Bupati Sukabumi berharap dapat menjadi momen generasi penerus untuk menuju Sukabumi Religius dan Mandiri
-->

Advertisement


MTQ ke 44 ,Bupati Sukabumi berharap dapat menjadi momen generasi penerus untuk menuju Sukabumi Religius dan Mandiri

REDAKSI
12 March 2020

LKI-CHANNEL , SUKABUMI

Pemerintah Kabupaten Sukabumi melaksanakan lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 44 di Pusat Pengembangan Dakwah Islam (Pusbangdai) Cikembang, Kamis (12/3/2020).

892 orang mengikuti MTQ yang dilaksanakan selama empat hari, terhitung 12 s/d 15 Maret 2020. Cabang MTQ yang diperlombakan ialah Tilawah Remaja, Tilawah Anak, Murotal, Tahfidz 1 Juzz dan Tilawah, Tahfidz 5 Juzz dan Tilawah, Tahfidz 10, 20 dan 30 Tilawah, Tafsir Bahasa Arab, Indonesia, Inggris ,Kaligrafi Alquran, Makalah Alquran , MFQ (Musabaqah Fahmil Quran), MSQ (Musabaqah Syarhil Quran) serta Qasidah.

Sebelum membuka MTQ ke 44, Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami terlebih dahulu melantik 100 dewan hakim di Gedung Bersama area komplek Pusbangdai , Selanjutnya H. Marwan Hamami bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sukabumi menyambut kedatangan 47 kafilah dari seluruh Kecamatan
Bupati mengatakan, pelaksanaan MTQ tersebut sebagai bentuk silaturahmi antara masyarakat, ulama, dan pemerintah Selain itu, dijadikan parameter hasil Pendidikan di setiap lembaga pendidikan di Kabupaten Sukabumi. "Ini menjadi ajang silaturhami dam evaluasi ke depan serta menjadi rujukan pengambilan kebijakan pemerintah untuk masyarakat di Kabupaten Sukabumi, terutama di bidang pendidikan" ujarnya, Kamis (12/3/2020).

Selain itu, kegiatan tersebut untuk mengimplementasikan jiwa Qurani di masyarakat ,Terutama dalam menyongsong perkembangan zaman. "Akan sulit nanti, kalau anak anak tidak dibekali ilmu agama ,makanya kegiatan ini salah satunya yang dilakukan di Kabupaten Sukabumi Terutama terkait misi kereligiusannya," ucapnya.

Hasil dari MTQ, diharapkan bisa menghasilkan qori dan qori'ah yang handal. Bahkan, bisa menyiarkan agama di Kabupaten Sukabumi. "Bila MTQ dikibarkan, Sukabumi religius bisa terwujud. Hasil MTQ ini semoga bisa mendapatkan wakil yang membawa prestasi untuk Kabupaten Sukabumi di tingkat Jawa Barat," ungkapnya.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi, H. Abas Resmana mengatakan, MTQ ini cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam pendekatan Quraniyah ini tentu saja memerlukan pembimbing, guru, dan ulama. "MTQ ada ketika ulama ada. Terima kasih para ulama yang telah melahirkan peserta MTQ. Tumbuh suburnya peserta MTQ berkat peran ulama di Kabupaten Sukabumi," paparnya.

Menurutnya, siapapun juaranya, mereka adalah putra terbaik Kabupaten Sukabumi. Terpenting, pelaksanaan MTQ ke 44 ini bisa berjalan dengan sukses. "Dulu di tingkat Provinsi kita juara umum ke tiga, minimal tahun ini bisa mempertahankan atau meningkat," terangnya.

Sementara itu, Asisten Daerah I, Ade Setiawan mengatakan, MTQ tersebut dilakukan untuk menyeleksi dan menggali potensi dari setiap Kecamatan. untuk mengikuti lomba di tingkat provinsi. "Ini agenda Nasional setiap dua tahun sekali. Dimulai dari Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, hingga Nasional. Kita laksanakan tingkat Kabupaten untuk mempersiapkan ke tingkat Provinsi Jabar yang akan di selenggarakan di Subang, April mendatang," paparnya.

Ade Setiawan menambahkan bahwa masyarakat snagat antusias menyambut pelaksanaan MTQ yang dipusatkan di Kecamatan Cikembar tersebut," pungkasnya.

Disaksikan hadirin, Sekmat Cisaat menyerahkan piala bergilir kepada Bupati Sukabumi yang kemudian diserahkan ke panitia MTQ ke 44 

(aep)