Ada Rumah Pintar Disisi Taman Cinta Untuk Bantu Siswa Belajar Online 
-->

Advertisement


Ada Rumah Pintar Disisi Taman Cinta Untuk Bantu Siswa Belajar Online 

REDAKSI
14 Agustus 2020

LKI-CHANNEL , BOGOR

Pandemi Covid-19 masih terus berlangsung, kegiatan belajar mengajar secara langsung di sekolah belum bisa dilaksanakan demi menjaga kesehatan dan keselamatan para siswa, sistem daring atau sekolah melalui sistem online yang paling banyak dipilih sebagai alternatif pembelajaran bagi para siswa. Namun harus diakui dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran secara daring ini terdapat beberapa kendala, salah satunya adalah ketersediaan jaringan internet dan kuota data yang tidak semua dimiliki secara memadai oleh siswa atau orangtuanya.
Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Desa Cimanggis Kecamatan Bojonggede tentunya tidak berpangku tangan dan terus melakukan upaya dan inovasi untuk membantu dan mendukung  para pelajar di wilayahnya untuk tetap bisa mendapatkan hak untuk belajar.


Pemerintah Desa Cimanggis Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor menyediakan wifi bagi siswa di Rumah Pintar yang berlokasi di Kampung Sudimampir yang merupakan kawasan Situ Kemuning, Desa Cimanggis.

Rumah Pintar  tersebut saat ini telah difungsikan untuk membantu siswa belajar secara daring di tengah Pandemi Covid-19.

Kepala Desa (Kades) Cimanggis H. Abdul Aziz Anwar mengatakan, sejak awal didirikan, Rumah Pintar tersebut memang ditujukan untuk warga dan pelajar yang ada di Desa Cimanggis agar dimanfaatkan seluruh fasilitas yang tersedia guna meningkatkan ilmu pengetahuan diluar pendidikan formal.

" Dimasa pandemi Covid-19 ini, Rumah Pintar kami fokuskan untuk  memfasilitasi  pembelajaran secara online,  wifi yang memadai untuk kebutuhan belajar sudah kami siapkan, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti penyediaan tempat cuci tangan, handsanitizer, menjaga jarak serta pembagian jadwal agar tidak terjadi kerumunan, jelas Azis kepada awak media Jumat (14/08/2020).

"Selain dalam ruangan, kami juga menyiapkan Taman Baca di luar ruangan, sementara di dalam perpustakaan sudah tersedia perangkat alat tulis dan peralatan lain seperti komputer dan printer. Ini sebagai wujud kepedulian Pemerintah Desa Cimanggis untuk mendukung anak Indonesia tetap pintar, tetap sehat di situasi Pandemi saat ini", tegasnya.

Berada di kawasan Situ Kemuning, Rumah Pintar Desa Cimanggis ini berdampingan pula dengan lokasi wisata Taman Cinta, ruang terbuka hijau untuk masyarakat sekitar dan warga lainnya yang ingin menikmati indah dan sejuknya panorama Situ Kemuning, ada pula tempat perahu kayuh yang bisa disewa para pengunjung dengan harga terjangkau untuk menyusuri luas dan indahnya Situ.

"Pembangunan Rumah Pintar dan Taman Cinta ini menggunakan Dana Desa (DD) dan diresmikan pada 17 Agustus 2018 lalu, dikerjakan gotong-royong bersama warga sekitar dengan harapan bisa membangun kesejahteraan dan kemandirian warga" pungkas Azis.

Sementara itu, Hana dan Anggi, Siswa kelas 4 Sekolah Dasar yang mengikuti pembelajaran di Rumah Pintar merasa sangat senang.

"Rasanya senang, seru, internetnya bagus, bisa ketemu sebagian teman - teman yang sudah lama di rumah saja dan ketemunya cuma lewat video call", ujarnya sambil tersenyum.

(Yusdiansah)