Berpura-pura Jadi Seorang Pemulung, Maling Gasak Uang Puluhan Juta Kotak Amal Masjid Baitur Rohmah Pamekasan
-->

Advertisement


Berpura-pura Jadi Seorang Pemulung, Maling Gasak Uang Puluhan Juta Kotak Amal Masjid Baitur Rohmah Pamekasan

REDAKSI
13 Agustus 2020

LKI-CHANNEL , PAMEKASAN

Aksi pencurian uang kontak amal masjid, kembali marak terjadi di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Kali ini kamis siang 13 Agustus 2020, pencurian itu terjadi di Masjid Baitur Rohmah, Desa Tentenan Timur, Kecamatan Larangan, Kabupaten setempat. Puluhan uang yang berada di kotak amal masjid setempat dicuri maling.

Ket Foto; Hasil screnshoot dari rekaman CCTV Masjid Baitur Rohmah, Desa Tentenan Timur, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan, Madura, yang merekam aksi pencuri saat mengambil uang dati dalam kotak amal masjid, Kamis (13/8/2020).


Kendati demikian, aksi pelaku yang mencuri uang di kotak amal masjid tersebut, terekam kamera CCTV. Hal itu dibenarkan oleh Hosnan, salah seorang pengurus Takmir Masjid Baitur Rohmah.

Dirinya mengatakan, bahwa uang yang dicuri oleh pelaku dari dalam kotak amal yang berada di depan Masjid Baitur Rohmah itu hanya separuh.

Pasalnya, berdasarkan rekaman CCTV yang terdapat di depan masjid, pelaku dalam aksinya tampak merusak gembok kotak amal memakai obeng.

Setelah gembok kotak amal itu hancur, lalu pelaku mengambil separuh uang yang terdapat di dalam kotak amal tersebut. Bila ditaksir, uang yang berhasil dibawa kabur oleh pelaku hanya sebesar Rp 2 juta lebih.

"Tadi ada Kepala Desa Tentenan Timur datang ke sini langsung untuk mengurus kasus pencurian kotak amal masjid ini," kata Hosnan salah seorang takmir masjid setempat kepada awak media, Kamis (13/08/2020).

Hosnan juga menceritakan, sebelum melancarkan aksi pencuriannya, pelaku sempat berpura-pura menjadi pemulung yang mencari barang rongsokan di area masjid. Seketika situasi di area masjid sudah tampak sepi, pencuri itu kemudian melancarkan aksi pencuriannya.

"Hari-hari biasanya memang sering ada pemulung yang nyari barang rongsokan di area masjid sini," ungkapnya.

Menurut Hosnan, Aksi pencuri saat hendak ingin kabur dari area masjid itu sempat sekilas dilihat oleh penjaga masjid. Namun, penjaga masjid mengira orang tersebut adalah tetangga sebelah masjid yang ingin melajsanakan ibadah sholat.

Sehingga, penjaga masjid tidak mengira kalau orang tersebut ingin mencuri uang di dalam kotak amal masjid.

Sayangnya, sewaktu pencuri itu kabur dengan cara melompat pagar masjid, penjaga masjid tidak sempat berteriak 'maling'. Saat ingin dikejar ke luar masjid, pencuri itu terlebih dahulu kabur terlalu jauh.

"Tadi siang suasana di masjid sini dalam keadaan sepi. Uang itu yang dicuri sekitar pukul 11.15 WIB," bebernya.

Saat ditanya apakah ada unsur kecurigaan pencuri tersebut adalah warga setempat? Hosnan dengan tegas menyatakan kurang mengerti.

Hanya saja, kata dia, berdasarkan hasil rekaman CCTV, pelaku yang mencuri uang di dalam kotak amal di Masjid Baitur Rohmah tersebut memakai topi, berkaos putih, dan bercelana pendek hitam.

"Wajahnya di CCTV juga kurang jelas agak buram. Pelakunya tidak pakai masker juga," Pungkasnya.*(Ifa/Andi/Red).