Gubernur jawa barat Ridwan kamil siap jadi relawan uji klinis covid-19 
-->

Advertisement


Gubernur jawa barat Ridwan kamil siap jadi relawan uji klinis covid-19 

REDAKSI
04 Agustus 2020

LKI-CHANNEL , JAWA BARAT

Gubernur jawa barat Ridwan kamil sekaligus menjadi ketua gugus tugas percepatan penanggulangan covid-19 jawa barat. Beliau mengatakan bahwa siap menjadi relawan uji kilnis covid-19 berserta dengan para pemimpin forum komunitas pimpinan daerah ( forkopimda) pun siap dengan jadi relawan uji klinis covid-19 produksi inovac china. " sebagai sosok pemimpin kami sedang mengadakan musyawarah untuk merumuskan kalau tidak ada halangan dari unsur kesehatan pribadi. Saya berserta dengan forkopimda siap untuk menjadi relawan pengetesan vaksin covid-19" ujar beliau dengan tegas di konferensi pers dimakomdan III siliwangi kota bandung (3/8/2020).


Menurut gubernur jawa barat Ridwan kamil ini sebuah inisiatif pemimpinan di jawa barat akan menjadi contoh suri tauladan yang baik bagi masyarakat serta juga untuk menambah suatu keyakinan bahwa uji vaksin yang dilakukan BUMN Pt bio farma akan berjalan dengan lancar dan sukses. " kalau kita sebagai sosok pemimpin mau menjadi relawan uji pengetesan vaksin covid-19, saya yakin insyaallah rakyatnya sendiri pun juga akan meyakini proses uji klinis vaksin covid-19 ini pasti akan berjalan dengan lancar." Ujarnya.

Gubernur jawa barat Ridwan kamil pun menjabarkan hingga saat ini pendaftaran menjadi relawan vaksin sudah mencapai 500 orang dari jumlah total 1600 orang yang dibutuhkan, maka dari itu gubernur mengajak masyarakat dari usia 20 tahun sampai dengan usia 59 tahun agar mau turut serta untuk menjadi relawan uji pengetesan vaksin vaksin covid-19. "Untuk yang menjadi relawan (vaksin)sudah ada 500 orang, kita membutuhkan 1.100 orang. Maka sebab dari itu kami menghimbau kepada masyarakat yang usianya sesuai kriteria dan mau dengan ikhlas tanpa paksaan mau menjadi relawan uji pengetesan vaksin covid-19" ujar beliau.

Walaupun untuk proses uji klinis vaksin covid-19 sinovac fase 3 akan berjalan selama enam bulan atau mungkin hingga akhir tahun 2020 ini. Jika uji klinis vaksin covid-19 ini berjalan dengan lancar dan baik, rencananya vaksin sinovac ini akan mendapatkan izin edar dan produksi masal di awal tahun 2021nanti. Dengan menunggu tahapan uji klinis tersebut gubernur jawa barat Ridwan kamil menghimbau kepada masyarakat agar tetap mempertahankan memakai masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan dengan sabun untuk memutus mata rantai covid-19.perjalanan untuk mengatasi pandemi covid-19 masih panjang maka dari itu di adakan uji klinis vaksin covid-19 selama enam bulan bahkan sampai akhir tahun ini.

Uji klinis pengetesan vaksin in bertujuan untuk memutus penyebaran covid didalam wilayah indonesia. Maka dari itu dengan adanya pengetesan dan kedisiplinan untuk menggunakan masker ditempat umum adalah suatu cara untuk memutus dan mengurangi penyebaran covid-19

(Rahmat)