Kampung Pangrajin, Rembah Galis Bangkalan Madura
-->

Advertisement


Kampung Pangrajin, Rembah Galis Bangkalan Madura

REDAKSI
30 Agustus 2020

LKI-CHANNEL , BANGKALAN

Kampung ini adalah Dusun yang terpencil, namun padat pemukiman penduduk serta masyarakatnya pun hampir keseluruhan adalah sebagai pangrajin pandai besi. Adapun lokasi kampung ini terletak di Dusun Rembah Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan Madura Jawa Timur.


Selain mata pencariannya bertani, mayoritas masyarakat dusun rembah juga banyak menggeluti sebagai pengrajin pandai besi, baik dari yang tua mau pun yang muda ,Hampir semua alat-alat tani bisa dibuat oleh pengrajin pandai besi, bahkan bisa memproses bahan atau alat yang jarang diketahui atau di gunakan oleh pandai besi diluar sana.

Saat team Lki-channel. Bertanya langsung kepada pangrajin pandai besi, sebut saja namanya Mat Suri dari kecil sudah bekerja sebagai pandai besi dan melanjutkan pekerjaan dari orang tuanya yang turun temurun Mat Suri juga sudah bisa menciptakan beberapa jenis alat-alat tani, salah satunya _arit_ tani yang sedang di buat nya, ungkapnya kepada awak media sambil bekerja.

Lanjut Mat suri, bahwa proses pembuatan _arit_ tani ini dari besi dan baja pilihan lalu dikombinasikan menjadi satu antara besi dan baja di lembur memakai api kemudian di tumbuk dengan dua orang pembantunya, lalu dibentuk jenis _arit_ taninya, hasilnya pun sangat luar biasa kokoh dan tajam.

Lanjutnya setelah menjadi _arit_ tani dijual ke pedagang yang sudah berlangganan. Mat suri juga mengungkapkan untuk membuat _arit_ tani kurang lebih dari 35 perharinya kadang lebih kadang kurang.

Ditempat yang berbeda lki-channel. Menemui salah satu pedagang sekaligus pengepul, sebut saja Seifulloh namanya. Dalam bicaranya mengatakan saya menjual _arit_ tani selain ke pasar juga ke sebagian tempat pariwisata yang berada di pulau madura, karena pengunjungnya banyak dari luar daerah, maka saya jual ke pengecer ditempat itu. Pungkasnya

_Arit_ tani hasil buatan dusun rembah ini sangat luar biasa tajam dan harganya pun terjangkau.

(Jae/Hori/iwan)