Batu bubut kawasan geowisata sejuta keunikan mengundang perhatian wisatawan
-->

Advertisement


Batu bubut kawasan geowisata sejuta keunikan mengundang perhatian wisatawan

REDAKSI
29 August 2020

LKI-CHANNEL , SUKABUMI

Sukabumi adalah daerah dengan berbagai macam keunikan selain areal geografis nya yang sangat luas ,juga menyimpan kekayaan alam melimpah baik tambang atau hasil bumi nya .


Dengan keindahan alam dan panorama yang sejuk Sukabumi juga banyak mengundang para wisatawan lokal maupun asing untuk sekedar menikmati keasrian alam wisata nya ,tidak luput baru baru ini selain geopark Ciletuh yang sudah menjadi objek wisata dunia baru baru ini di temukan sebuah objek wisata bebatuan kuno di dalam areal pemukiman warga

Kawasan Geowisata yang terletak di Kampung Samelang, Desa Mekar Mukti, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini memiliki area bebatuan yang berhasil menarik wisatawan.
Para warga di sana sangat berharap ada penelitian dari para arkeologi terkait keberadaan bebatuan disana.

Diduga bongkahan batu yang tertata rapi seusia dengan batu Gunung Padang, di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Areal batu tersebar seluas 10 hektar itu, kerap menjadi perhatian para wisatawan.

Mereka tertarik dengan serakan batu diduga merupakan bongkahan dari bebatuan Gunung Api yang terbentuk 20 juta tahun lalu.

Bebatuan yang diduga pula berasal dari bawah permukaan laut dan tersebar sehingga seperti labirin tertarik untuk diteliti para ahli arkeologi.
"Bebatuan yang ada sejak kami lahir selalu menjadi perhatian wisatawan. Mereka datang ingin mempelajari struktur hingga materi bebatuan, " ujar rusmana salah seorang warga setempat.

Menurut rusmana, warga sekitar telah melakukan upaya pelestarian. Hanya saja, dari lahan seluas 10 hektar, hanya 3 hektar yang telah di tata dan dilestarikan dan alhamdulilah pada tanggal 24 Agustus 2020 lalu di resmikan Bupati Sukabumi Drs.H.marwan Hamami MM.

(Red)