Dalam rapat paripurna DPRD R.Gani ungkapkan PAD umumnya alami dinamika fluktuatif
-->

Advertisement


Dalam rapat paripurna DPRD R.Gani ungkapkan PAD umumnya alami dinamika fluktuatif

LKI CHANNEL
02 November 2020

LKI-CHANNEL , SUKABUMI

Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara juga dihadiri oleh Pjs. Bupati Sukabumi, Unsur Forkopimda, Pejabat Sekda, Para Kepala Dinas, Para Camat, Kepala Bagian Setda serta undangan Lainnya.pada hari Rabu 28/10/2020.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Sukabumi yang menyelenggarakan Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian Laporan Keputusan Pimpinan DPRD Tentang Penyesuaian, dan Penyempurnaan Hasil Evaluasi Gubernur atas Raperda tentang Perubahan APBD TA 2020, serta Penyampaian Nota Pengantar Penjelasan Bupati mengenai Raperda Tentang APBD TA 2021 di Ruang Rapat Utama Gedung DPRD, Palabuhanratu, Selasa (27/10).

Dalam Penyampaian Nota Pengantar Raperda Tentang Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2021, Pjs. Bupati R. Gani Muhamad mengatakan Pendapatan Daerah baik yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah, Pendapatan Transfer dan lain-lain Pendapatan Daerah yang Sah secara umum mengalami Dinamika yang Cukup fluktuatif, dan harus dicermati dengan seksama.

“Untuk mengatasi hal ini Pemerintah Daerah melakukan beberapa langkah seperti mengoptimalkan Sumber-Sumber Pendapatan Daerah untuk memenuhi Kebutuhan Pembiayaan Pembangunan melalui Perkiraan terukur secara rasional dengan tetap memperhatikan Prioritas Kegiatan sesuai dengan target yang telah ditetapkan dalam RPJMD”.

R. Gani Muhamad menegaskan Pemerintah Daerah sangat memahami Keinginan, dan Perhatian Masyarakat serta Perangkat Daerah, yang telah memberikan masukan dengan mengajukan usulan-usulan Kegiatan Dalam Rancangan Anggaran Tahun 2021.

“Namun Kita Harus Pahami Bersama Bahwa Sesungguhnya Kemampuan Keuangan Daerah Sangatlah Terbatas, Dikarenakan Saat Ini Kita Sedang Melakukan Penanganan Pandemi Covid -19 ujar nya.

Ketua DPRD Kab. Sukabumi Yudha Sukmagara menjelaskan hasil dari evaluasi penyesuaian Gubernur, DPRD menyepakati agar dilaksanakan oleh pemerintah daerah sesuai dengan hasil dari evaluasi Gubernur.

“Evaluasi gubernur sudah diterima dan telah melewati berbagai tahapan di Badan Anggaran (Banggar). Kami meminta Pemkab Sukabumi agar benar-benar maksimal dalam penyerapannya. Sehingga bermanfaat bagi masyarakat,” Tutur Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara.

Ia juga menegaskan, percepatan penyerapan anggaran harus segera dilakukan. Termasuk mengenai penanggulangan Covid-19 yang berkaitan dengan dunia ekonomi, dan sosial.

“Itu nantinya Dinas Sosial dan perangkat daerah yang berhubungan dengan dunia keekonomian. Sesuai dengan apa yang dimasukan ke dalam evaluasi gubernur,” Jelasnya.

Yudha berjanji, pihaknya akan memberikan kinerja optimal terutama dalam hal fungsi pengawasan yang lebih dipertajam.

“Kami berharap, apa yang dievaluasi gubernur sesuai dengan yang ditargetkan. Jadi, monitoring akan kita pertajam, supaya tiap-tiap Perangkat Daerah bisa melakukan dan mengambil target-targetnya,” Tandasnya.

(Yopi)