Dedi ruslan siap adakan kerjasama membentuk perekonomian mandiri di Sulawesi tenggara
-->

Advertisement


Dedi ruslan siap adakan kerjasama membentuk perekonomian mandiri di Sulawesi tenggara

LKI CHANNEL
20 December 2020

LKI-CHANNEL , JAKARTA

Pengusaha sekaligus tokoh UMKM, Dedi Ruslan bersilaturahmi dengan Anak Adat Kerajaan Laiwoi Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Apandi. Keduanya siap bersinergi membangun perekonomian mandiri.

“Sinergi untuk kerjasama dalam membentuk perekonomian mandiri di Sulawesi Tenggara,” kata Dedi melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (19/12/2020).

Sebagai tahap awal, keduanya telah menyasar tiga wilayah di Sultra. Yakni, Kendari, Konawe dan Kolaka Timur. Di wilayah itu telah berdiri Koperasi Tekora dan Produsen Cahaya Bintang Laut yang sudah berjalan. 

“Target yang dikerjasamakan koperasi produsen perkebunan hasil bumi seperti jambu mete, cengkeh dan porang,” terang Dedi.

Selain itu, Dedi dan Apandi juga akan bersinergi mengembangkan potensi ekonomi lainnya di Sultra. Di antaranya, sektor perikanan, pertanian dan pertambangan. Ketiga sektor ini juga tak kalah melimpah dengan sektor lainnya di Sultra. 

“Saya sudah dirikan lima koperasi di lima Kabupaten/Kota untuk disinergikan langsung ke koperasi pusat, baik bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan pertambangan,” Apandi menambahkan. 

PENYEMATAN GELAR KELUARGA RAJA

Sementara itu, Dedi Ruslan akan disematkan gelar keluarga Kerajaan Laiwoi di Kendari, Sultra. Hal itu disampaikan Apandi menyikapi rencana kunjungan Dedi ke rumah adat Kerajaan Laiwoi Kendari, Sultra. 

 “Biar saya kabari ke Kerajaan Laiwoi untuk sekalian penyematan gelar kekeluargaan Kerajaan Laiwoi Kendari kepada ayahanda, Dedi Ruslan,” ungkap apandi