PJ SEKDA KABUPATEN SUKABUMI LAUNCHING INTEGRASI SISKEUDES DENGAN IBC-BJB
-->

Advertisement


PJ SEKDA KABUPATEN SUKABUMI LAUNCHING INTEGRASI SISKEUDES DENGAN IBC-BJB

LKI CHANNEL
21 December 2020

LKI-CHANNEL , SUKABUMI

PJ.Sekda Kabupaten Sukabumi Zaenul S menghadiri Launching Transaksi Non Tunai Bagi Pemerintahan Desa di Kab Sukabumi melalui Integrasi Sistem Keuangan Desa ( SISKEUDES ) dengan Internet Banking Corporate Bank BJB ( IBC- BJB ) di Hotel Sukabumi Indah, Senin (21/12/20).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa H. Thendy Hendrayana selaku Panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa acara Penerapan transaksi Non Tunai bekerjasama dengan BJB
bagi pemerintahan desa ini sebagai sarana untuk mempermudah pengelolaan keuangan desa yang transparan, akuntabel dalam pengelolaan keuangan desa.
"Maksud dan tujuan penerapan transaksi non tunai ini melalui keterpaduan aplikasi siskeudes dan IBC BJB untuk mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang tertib dan disiplin anggaran" jelasnya

Dirinya menambahkan bahwa dengan menggunakan aplikasi tersebut bisa dilakukan efisiensi penggunaan waktu, tenaga dan biaya dalam pengelolaan keuangan desa, memberikan jaminan keamanan bagi semua pihak dalam transaksi keuangan dan menertibkan administrasi keuangan desa.
Pj. Sekda menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada DPMPD dan Bank BJB atas konstribusi dan perhatiannya dalam mendukung tata kelola pemerintahan yang baik pada lingkungan pemerintahan Desa di Kab Sukabumi
Menurutnya integrasi antara sistem keuangan desa ( Siskeudes ) dengan Internet Banking Corporate Bank BJB relevan dengan Permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa .
Permendagri No 18 thn 2018 tentang pengelolaan keuangan desa secara substansial mendorong penyelenggaraan pemerintahan desa agar memahami prinsip, asas, dan mekanisme dalam penyelenggaraan tata kelola pemerintahan desa dengan baik dan benar .
"Kepada seluruh kepala desa saya berpesan agar dapat melibatkan masyarakat dan seluruh perangkat terkait yang ada di desa dalam pengelolaan keuangan desa, serta sesuai dengan regulasinya sehingga menumbuhkan akuntabilitas publik" paparnya
Zainul S menekankan Pemerintah Kab Sukabumi akan terus berkomitmen dan terus berupaya agar pelaksanaan transaksi non tunai pada pemerintah desa dapat diterapkan secara efektip dan efisien yang berdasarkan Azas keamanan dan manfaat.
Akhirnya PJ.Sekda berharap sistem ini mampu menghemat pengeluaran negara, dapat menekan laju inflasi, mencegah transaksi ilegal serta mewujudkan tertib administrasi pengelolaan kas.
Pj.Sekda seterusnya melakukan Launching penerapan transaksi non tunai bagi pemerintahan Desa di Kab Sukabumi ditandai dengan memukul gong (Yp)