Bangkit Ditengah Pandemi Covid-19,Hydroponik Rumah Antusiasme (HRA) Luncurkan 3 Program Unggulan
-->

Advertisement


Bangkit Ditengah Pandemi Covid-19,Hydroponik Rumah Antusiasme (HRA) Luncurkan 3 Program Unggulan

LKI CHANNEL
11 February 2021

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


HYDROPONICS RUMAH ANTUSIASME  Didirikan Pada Tahun 2019, yang berkeududukan di Kp.Gombong jln. Pangeran Hidayatulah rt 02/09 Desa Limbangan sari Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur,yang digagas oleh ibu Harnengsih beserta suami,Semua ini adalah merupakan jawaban untuk  tantangan kemandirian pangan ditengah keterbatasan lahan dan sebagai sumbangsih dalam rangka membantu pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan baik lokal maupun nasional.


Sesuai dengan permentan mengenai percepatan keanekaragaman pangan berbasis potensi lokal tahun 2009 maka Hydropnics Rumah Antuasiasme (HRA) melakukan beberapa rangkaian kegiatan diantaranya pembinaan para petani hydrooponik pemula, sedekah sayuran ke pesantren pesantren serta pelatihan rutin secara berkala bagi hidroponiker yang telah bermitra dengan Hydroponic Rumah Antusiasme.


Mengapa hidroponik? karena Buntut dari dampak pembangunan dari kebijakan pemerintah perihal pembangunan maka saat ini sehingga kemudian banyak sekali lahan pertanian beralih fungsi menjadi infrastruktur, maka dari itu sedikit sekali ketersedian lahan yang bisa dimanfaatkan untuk bertani, karena hal ini diperparah dengan kepemilikan lahan yang pada umumnya hanya dikuasai oleh segelintir pihak.


"Lebih banyak petani penggarap daripada petani pemilik".ujarnya saat di wawancarai oleh awak media LKI CHANNEL CIANJUR.kamis ,11/02/2021


Adapun hidroponik sendiri adalah system pertanian yang tidak menggunakan tanah dan bisa dilakukan dimana saja.lanjutnya


"Seperti memanfaatkan luas pekarangan rumah, dak atap rumah tanpa memerlukan lahan yang banyak serta luas".


Dan hal lainnya lagi keunggulan bertani system hydroponics adalah hemat lahan, efisien dalam penggunanaan air karena tidak perlu disiram, lebih bersih karena tidak ditanam ditanah, dan lebih sehat karena bebas pestisida karena minim sekali ganguan hama.


Lalu Kemudian yang menjadi target dari Hydroponics Rumah Antusiasme (HRA) adalah mengajak masyarakat untuk mandiri dalam upaya pemenuhan kebutuhan sayuran, merangkul para petani kecil hidroponik dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif apalagi ditengah pandemi seperti saat ini dan mengkoordinir bagi para petani yang telah mampu produktif dalam menghasilkan sayuran untuk dijual sehingga bisa membantu pemasukan tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari karena kondisi saat ini.


"Hidroponik Rumah Antusiasme ( HRA) yang dikelola oleh Ibu Harnengsih beserta suaminya ,pihaknya mengucap syukur Alhamdulillah,saat ini kebanjiran permintaan orderan sayuran hidroponik untuk mengisi outlet outlet di supermarket yogya, griya, dan yansen".


"Saat ini hydroponics rumah antusiasme telah tergabung dalam Komunitas Petani Hidroponik Cianjur (KPHC) dengan beberapa mitra lainnya seperti juanda farm, Raka farm, Bore farm, RF farm, kebun akinini dan lain sebagainya dan sama sama mempunyai orientasi untuk mengangkat harkat dan derajat bagi kaum petani serta menegaskan jati diri dan eksistensi bangsa sebagai Negara agraria".tutupnya 

(RN)