Pagelaran Isra' Mi'raj Nabi Muhammad dan Haul Masyaikhih Serta Sesepuh di Masjid Nurul Jadid Gigir
-->

Advertisement


Pagelaran Isra' Mi'raj Nabi Muhammad dan Haul Masyaikhih Serta Sesepuh di Masjid Nurul Jadid Gigir

LKI CHANNEL
12 March 2021

LKI-CHANNEL , Bangkalan


IKRAM NUJA (Ikatan Remaja Masjid Nurul Jadid) melangsungkan pagelaran Isra' Mi'roj Nabi Muhammad dan Haul Masyaikhih serta sesepuh masyarakat Desa Gigir di Masjid Nurul Jadid Berek Embong Desa Gigir Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan. 


Perayaan Isra' Mi'roj dan Haul tersebut telah rutin di gelar serta berjalan selama 5 kali oleh pemuda dan masyarakat Gigir. 


Acara tersebut terbagi dalam dua sisi, untuk pagi pemuda dan masyarakat melangsungkan pembacaan khusushon kepada Masyaikhih dan sesepuh masyarakat yang telah meninggal serta dilanjut dengan Khotmil Qur'an, sedangkan siangnya ramah tamah, dengan sebelumnya menyembeleh 2 kambing yang diperoleh dari aqiqoh salah satu masyarakat Gigir. 


Tidak selesai sampai disitu, acara malampun dibagi dengan dua sisi pula, pra acara dan acara inti. Pra acara dengan pembacaan istiqosah dan tahlil, sedangkan acara inti dikemas dengan pangajian umum atau ceramah agama yang di sampaikan Oleh KH. Nasiruddin dari Sampang. 


Kekompakan dan kerukunan antar sesama sangat terasa dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, sebab masyarakat saling gotong royong dan bahu membahu, lebih-lebih masyarakat perantauan yang ikut memberikan sumbangsih terhadap acara tersebut. 


Donatur perantauan dalam acara itu sangat banyak, mulai dari daerah Parung, Serang, Lombok, Depok, Tangerang, Sumbawa/Alas, Pamulang, Bogor, Priuk, Pesing, Bali, Cikampek serta donatur dari Madurapun ikut mendukung dan saling berbagi. 


Harapan dari panitia dalam hal tersebut mengatakan; "Semoga acara ini tetap istikomah berjalan setiap tahun mas, dengan adanya acara tersebut harapan besarnya adalah syafaat Nabi Muhammad serta memberi penyejuk kepada masyarakat gigir yang telah meninggal melalui Haul dengan pembacaan Fatihah, istiqosah dan tahlil bersama". Ungkap Supardi selaku panitia pelaksana. 


Sedangkan Takmir Masjid menyampaikan ; "Saya sebagai Takmir Masjid menyampaikan terimakasih banyak kepada para masyarakat yang telah membantu, baik pemikiran, tenaga atau pendanaan. Lebih-lebih ucapan terimakasih kepada para Donatur perantauan dari berbagai wilayah". Ucap Ust. Arbai'i kepada Awak Media, Sabtu 13 Maret 2021.


Acara tersebut dilaksanakan di halaman Masjid Nurul Jadid Berek Embong Desa Gigir Kec. Blega Kab. Bangkalan, pada hari Jum'at 12 Maret 2021,serta berjalan dengan lancar dan aman. 


(Iwan Sanusi)