IMPLEMENTASI SPBE, WABUP " WUJUDKAN DIGITALISASI LAYANAN PUBLIK BERKUALITAS DAN TERPERCAYA
-->

Advertisement


IMPLEMENTASI SPBE, WABUP " WUJUDKAN DIGITALISASI LAYANAN PUBLIK BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

LKI CHANNEL
12 April 2021

LKI-CHANNEL ,  SUKABUMI


Sesuai dengan amanat Peraturan Presiden No 95/2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Perangkat Daerah harus informatif kepada masyarakat untuk mewujudkan pemerintahan yang baik, akuntabel, transparan serta dapat dipertanggung jawabkan.
Untuk mengimplementasikan hal tersebut, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (DKIP) Kab. Sukabumi menyelenggarakan Kick Off Meeting Penyusunan Road Map SPBE di salah satu hotel dikawasan Selabintana Sukabumi, Senin, (13/04/21).


Acara yang dihadiri Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri itu menerapkan tatacara pelaksanaan kegiatan sesuai dengan protokol kesehatan.
Dalam laporannya Plt. Kepala DKIP, H. Eki Radiana Rizki menyampaikan bahwa acara Kick Off Meeting ini selain diamanatkan regulasi juga untuk mengimplementasikan layanan pemerintah yang well information sekaligus mencerdaskan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

" Kick Off Meeting ini bertujuan menerapkan SPBE secara efektif sehingga terpenuhinya hak hak publik terhadap informasi, yang berkualitas, selain itu untuk membangun sinergitas antara pemerintah kab Sukabumi dengan Stakeholder dalam meningkatkan sumber daya manusia unggul dan terampil dalam pemanfaatan teknologi digital" jelasnya.

Sementara itu Wakil Bupati menekankan bahwa di era 4.0, digitalisasi menjadi perhatian besar dari semua kalangan termasuk pemerintah daerah untuk mempercepat dan mempermudah masyrakat dalam mengakses informasi secara cepat akuntabel
"Digitalisasi ini menuntut Pemerintah Pusat Dan Daerah agar mampu memanfaatkannya secara cepat dan tepat terutama dalam perbaikan pelayanan publik, oleh karena itu sebagai penguatnya pemerintah mengeluarkan Perpres no 95/2018 tentang SPBE" ungkapnya

Dengan adanya regulasi tersebut, tambah Wabup, diharapkan tata kelola Pemerintahan di Kab Sukabumi menjadi semakin baik, serta terwujudnya pelayanan Publik berkualitas dan terpercaya.
" Kita ingin Pemkab Sukabumi segera punya konsep tenang sistem dan aplikasi yang kuat dan terintegrasi, jadi melalui Kick Off Meeting ini kita ingin seluruh aplikasi ditiap Perangkat Daerah menjadi satu dalam SPBE yang di koordinasikan oleh Kominfosan" tambahnya.


Masih disampaikan Wakil Bupati, dalam percepatan mewujudkan Kab Sukabumi yang Maju, Religius dan Inovatip menuju masyarakat sejahtera lahir batin maka dalam 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati, semua Perangkat daerah dalam lingkup pemerintahan Kab Sukabumi dituntut untuk menciptakan manajemen pemerintahan yang responsif,"Responsif terhadap hak publik terkait dengan kebutuhan teknologi Informasi serta meningkatkan efektivitas pelayanan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kab Sukabumi" pungkasnya.

Diakhir acara dilaksanakan Penandatanganan Kesepakatan bersama implementasi SPBE Kab Sukabumi oleh Wakil Bupati diikuti oleh Plt. Kadis Kominfosan, Kepala Bagian Kerjasama dan Strategis Universitas Telkom Bandung, Juga Perangkat Daerah.

(Yp)