Sinergitas Sekolah Orangtua Wajib Terus Ditingkatkan
-->

Advertisement


Sinergitas Sekolah Orangtua Wajib Terus Ditingkatkan

LKI CHANNEL
06 April 2021

LKI-CHANNEL , PROBOLINGGO


Anak usia 0-5 tahun merupakan tahapan golden age, dimasa ini perkembangan otak meningkat hingga 80 persen dan orang tua juga dapat membentuk karakter anak. Oleh karenanya 🙏Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan tahap penting bagi orang tua dan guru bekerja sama untuk membentuk karakter dasar anak.


Mengangkat tema tentang PAUD, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo menggelar acara Sosialisasi Pendidikan Keluarga bagi PAUD, Senin (5/4). Acara yang dihadiri oleh 120 peserta dari Kepala Sekolah PAUD se Kota Probolinggo, pengawas TK, dan penilik PAUD ini memaparkan materi bagaimana mengembangkan karakter anak usia dini dan sinergi antara orang tua dan sekolah.


Dalam laporannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Moch Maskur mengatakan, acara ini diselenggarakan untuk memberikan wawasan pentingnya pendidikan keluarga dan peran keterlibatan orang tua dan guru dalam bersinergi.


“Komunikasi antara orang tua dan guru di sekolah sangat penting. Bahkan kalau bisa, guru mengkomunikasikan perkembangan anak didiknya sesering mungkin, agar orang tua juga ikut memantau perkembangan anaknya,” jelas Maskur ditemui sesaat setelah acara.


Sementara itu, Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin pun menyatakan, dalam perkembangannya, pendidikan anak usia dini mulai meningkat dan itu menandakan bahwa banyak masyarakat semakin antusias terhadap pendidikan anak usia dini.


“Sebagai pemerintah, kita juga harus mendukung hal ini dan salah satunya adalah dengan menggelar acara hari ini. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga telah menghadirkan narasumber dari Dosen PGRI Adi Buana Surabaya yang tujuannya untuk menambah wawasan dan pemahaman  bagi pendidik PAUD untuk mencetak generasi anak usia dini yang lebih baik,” jelas wali kota. 


Ia berharap dengan adanya sosialiasi ini tenaga pendidik PAUD mendapatkan ilmu karena pendidikan anak usia dini zaman sekarang berbeda dengan zaman dahulu, dimana akses informasi cepat diserap oleh anak dan terkadang di rumah anak kurang mendapat perhatian dari orang tua.


“Saya berharap nantinya sinergisitas sekolah dan orang tua terus ditingkatkan. Jangan sampai pendidikan di sekolah sudah baik, tapi di rumah diabaikan, jadi saya berharap bagi orang tua, pendidikan anak usia dini ini merupakan pendidikan dasar yang terbaik, kalau terlambat pembentukan karakternya, nanti bakal susah kalau anak itu sudah tumbuh dewasa,” kata Habib Hadi.


(Maya)