Hj. YANI JATNIKA MARWAN" KONSEP 3R UBAH SAMPAH DARI MASALAH MENJADI BERKAH"
-->

Advertisement


Hj. YANI JATNIKA MARWAN" KONSEP 3R UBAH SAMPAH DARI MASALAH MENJADI BERKAH"

LKI CHANNEL
06 May 2021

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Ketua TP PKK Kab. Sukabumi Hj. Yani Jatnika Marwan menyampaikan pentingnya pengelolaan sampah melalui konsep 3 R yaitu Reuse, Reduce dan Recycle. Konsep ini mengadaptasi teknologi dan cara pandang terhadap sampah, sehingga yang awalnya menjadi masalah, sampah pada akhirnya berubah menjadi berkah dan mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga.


Hal tersebut disampaikan Hj. Yani Jatnika saat menghadiri pembagian tabungan bank sampah Insani Mandiri kepada 40 orang anggotanya di MI Kebon Randu yang berlokasi di Kp. Mekaralam RT 01/05 Desa Sekarwangi Kecamatan Cibadak, Rabu (5/5/2021).

Adapun jumlah tabungan yang dibagikan relatif cukup besar, bu Yayan salah satunya, yang memiliki tabungan bank sampah hingga Rp. 497.050,-.
" Mudah mudahan kegiatan bank sampah ini dapat ditiru oleh masyarakat di wilayah Kab Sukabumi lainnya sehingga, disamping dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga juga dapat mengurangi beban sampah yang harus diangkut ke Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPA)" ungkap Hj. Yani



Menurutnya, dengan pengelolaan sampah yang baik, usia pakai TPA dapat lebih panjang. Selain itu hal ini juga dapat menunjang tercapainya Kebijakan dan Strategi Daerah Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga melalui pengurangan sampah sebesar 30 % dan penanganan sampah sebesar 70 % pada tahun 2025.
Pada kesempatan itu, H. Yani Jatnika juga menyerahkan infaq kepada 10 orang anak yatim
Turut dihadir Kepala DLH, Kabid Pengelolaan Sampah DLH, Camat Cibadak dan Kades Sekarwangi.

(Yopi)