Peletakan Batu Pertama Pembangunan Infrastruktur Dan Pengeboran Slim Hole Panas Bumi Th 2021 Di Desa Sirnarasa Kec. Cikakak
-->

Advertisement


Peletakan Batu Pertama Pembangunan Infrastruktur Dan Pengeboran Slim Hole Panas Bumi Th 2021 Di Desa Sirnarasa Kec. Cikakak

LKI CHANNEL
22 May 2021

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Desa Sirnarasa Kp. Cililin Kec. Cikakak hari ini mengadakan acara peletakan batu pertama pembangunan infrastruktur dan pengeboran slim hole panas bumi Sabtu (22/05/2021). Hadir dalam acara tersebut Kepala Badan Geologi KESDM(Prof.dr. Eko Budi Leoni), yang mewakili dari Wakil Bupati Sukabumi dari Asdar 1(Ahmad Yadi), Kepala Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (Ahmad Munawir), Kepala Kecamatan Cikakak(Asep Mahmud), Para Kepala Desa Kecamatan Cikakak, Kasepuhan Ciptagelar (Ugi Sugriana Rakasiwi), dan dari PT. Demix Jaya Utama.


Tujuan dari pembangunan infrastruktur dan pengeboran slim hole panas bumi adalah untuk mengurangi tingkat risiko  eksplorasi panas bumi, ini merupakan skema eksplorasi mengembangkan panas bumi agar lebih menarik minat investor dan mampu menurunkan harga jual listrik dari panas bumi. Sementar itu tamu yang hadir tentunya mengikuti protokol kesehatan Covid-19 dari pemerintah yakni 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.


Adapun beberapa sambutan yang di sampaikan dari tamu yg hadir, sambutan pertama dari Kepala Badan Geologi KESDM, Prof.dr. Eko Budi Leoni, mengatakan puji syukur nya bisa hadir dalam acara peletakan batu pertama pembangunan infrastruktur dan pengeboran slim hole panas bumi hari ini, dan tugas kami untuk melaksanakan infrastruktur tersebut sesuai dengan Pasal 33 UUD 1945 yg isinya bumi, air dan kekayaan yang terkandung di dalamnya di kuasai oleh negara dan di gunakan yang sebesar besar nya untuk kemakmuran rakyat. "Dengan besar nya potensi panas bumi bukan hanya pemerintah saja yang berperan penting dalam pelaksanaan tersebut tapi ada kerjasama dari masyarakat setempat, untuk pengeboran dilaksanakan sekitar 1 sampai 2 bln dan mudah2an bisa berjalan dengan lancar,  kedepannya Insyaallah akan melibatkan Pemerintah" ungkapnya.


Sambutan kedua, yaitu dari perwakilan Bupati Sukabumi Ahmad Yadi dari  Asdar 1, beliau mengatakan bahwa Alhamdulillah acara ini berjalan dengan lancar  sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 dari pemerintah, yaitu 3M, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Sambutan Bupati sukabumi yang di wakili menambahkan ucapan selamat datang untuk Kepala Geologi dan jajaran dan dari dinas dinas terkait, diharapkan program ini bisa menarik para insvektor yang ada untuk membantu program tersebut dan bekerja sama dengan Pemerintah, dan berharap bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang di harapkan dan bisa bermanfaat untuk kepentingan masyarakat, untuk kedepannya mudah2an ada pembangunan lainnya di wilayah Cikakak.


Kepala Balai Taman Nasional Gunung Salak, Ahmad Munawir, juga menyampaikan pada saat pengeboran mudah2an sesuai yg di harapkan dan berjalan lancar, selaku pengelola taman nasional untuk masyarakatnya bisa menerima manfaat dari pengeboran slim hole panas bumi, sehingga memperoleh energi listrik untuk kebutuhan semua masyarakat, untuk itu mari kita jaga kelestarian alam dan hutan bersama sama untuk kita semua, "kami sangat mensuport dengan adanya pembangunan infrastruktur ini, dan sinergitas antara kementrian jajaran pemerintahan dan masyarakat bisa bekerja sama dengan baik". Imbuhnya.


Sementara itu Camat Cikakak, Asep Mahmud, bersyukur bahwa di daerah Cikakak terutama Desa Sirnarasa ada proyek nasional pembangunan infrastruktur dan pengeboran slim hole panas bumi, dengan ada nya proyek tersebut ke depannya bisa ada peningkatan proyek selain pengeboran slim hole panas bumi, ada proyek infrastruktur lainnya seperti contohnya pembangunan jalan demi kesejahteraan masyarakat, dan bisa menjadi berkah untuk masyarakat.


Sambutan terakhir dari kasepuhan Ciptagelar Abah Ugi Sugriana Rakasiwi mengatakan bahwa, mudah2an pembangunan ini bisa sesuai yang di harapkan dan menjadi manfaat untuk masyarakat sekitar, kedepannya mudah mudahan ada pembangunan pembangunan proyek lainnya selain pembangunan infrastruktur pengeboran slim hole panas bumi ini, dan ada daya tarik tersendiri untuk para investor lainnya, dan masyarakat menjadi sejahtera.


 (Ellah /ateu )