Pemdes Citepus Kec. Palabuhanratu Salurkan BLT-DD Tahap 4 TA 2021 Sekaligus Suntik Vaksin Covid-19
-->

Advertisement


Pemdes Citepus Kec. Palabuhanratu Salurkan BLT-DD Tahap 4 TA 2021 Sekaligus Suntik Vaksin Covid-19

LKI CHANNEL
10 June 2021

LKI-CHANNEL , Sukabumi


Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kembali di salurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di desa Citepus kec. Palabuhanratu, penyaluran dilaksanakan di balai desa Citepus hari kamis (10/06/2021). Selain itu diadakan juga suntik vaksin covid-19 bagi warga yang mendapat BLT-DD.


Penyaluran BLT-DD ini dihadiri langsung oleh Kepala Kecamatan Palabuhanratu (Ahmad Samsul Bahri S. Sos), Kepala Desa Citepus (Hendi), Bhabinkamtibmas Desa Citepus (Bripka Dodi Supirman S.ip.), Babinsa desa Citepus (Pelda Dodi Syawal's,CH), tenaga kesehatan dari Puskesmas Palabuhanratu, aparat desa Citepus dan Linmas  setempat.


Sebelum acara di mulai Babhinkamtibmas dan Babinsa memberi arahan dan sosialisasi kepada KPM penerima BLT-DD tahap 4 tahun anggaran 2021, Bagi penerima bantuan agar bisa di manfaatkan dengan baik, selain penyaluran BLT-DD hari ini sekaligus diadakan suntik vaksin vovid-19 bagi KPM BLT-DD, maka sangat diharuskan bagi warga untuk melaksanakan program pemerintah ini supaya bisa mengurangi penyebaran wabah penyakit covid-19.


Sementara itu sekretaris desa Citepus, Agus Suhendi menyampaikan bahwa hari ini penyaluran BLT-DD tahap 4 merupakan serapan tahapan bulan April dengan jumlah KPM sebanyak 163 KK penerima bantuan, selain Salur BLT-DD juga di adakan suntik vaksin covid-19.


"Yang istimewa pada penyaluran BLT-DD tahap 4 ini sekaligus diadakannya vaksinasi dan ini merupakan satu ketentuan yang sudah di atur melalui Kementeri Keuangan bahwa untuk KPM BLT-DD ini wajib untuk suntik vaksin, dalam hal ini sudah berkoordinasi dengan Kepala Kecamatan Palabuhanratu dan pihak Puskesmas Palabuhanratu dan alhamdulillah bisa berjalan dengan lancar, penyaluran BLT-DD ini sebesar tiga ratus ribu rupiah per KPM dan wajib di saksikan oleh Muspika Kecamatan Palabuhanratu", ungkapnya.


Agus menambahkan bahwa untuk penerima salur BLT-DD tahap 4 ini bagi yang tidak bisa hadir karena ada halangan atau alasan tertentu kami dari pihak desa akan langsung datang ke tempat warga penerima hak salur BLT-DD yang berhalangan hadir dengan syarat harus menunjukkan KK dan KTP nya.


Dari Babhinkamtibmas sendiri, Bripka Dodi mengatakan ada dua kegiatan yaitu penyaluran BLT-DD dan vaksinasi yang dilakukan oleh tenaga kesehatan dari puskesmas Palabuhanratu, adapun persyaratan untuk yang mendapatkan salur BLT-DD tahap 4 ini harus melakukan vaksinasi terlebih dahulu sesuai dengan persyaratan wajib vaksinasi.


"Bagi warga yang mendapat salur BLT-DD tahap 4 dan memenuhi syarat untuk melakukan vaksin covid-19, sementara tidak melakukan vaksini, maka salur BLT-DD nya akan di pending atau tidak akan diberikan, setelah warga yang sudah melakukan vaksin covid-19 akan mendapatkan sertifikat bahwa warga sudah melakukan vaksinasi, dan kegunaan sertifikat vaksin tersebut adalah supaya warga mudah untuk melakukan kepengurusan surat surat kepemerintahan", jelasnya.


Babinsa Desa Citepus, Pelda Dody menekankan bagi penerima BLT-DD harus jujur dan kalau memang memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin warga harus melakukan persyaratan melakukan suntik vaksin covid-19 sebelum mendapatkan salur BLT-DD tahap 4 ini.


Komentar dari warga yang mendapatkan salur BLT-DD, bernama Ooy Rokayah dari Rt 03 Rw 02 desa Citepus bersyukur sekali atas bantuan dari pemerintah ini berupa BLT-DD dan bermanfaat sekali bagi kami warga yang membutuhkan. "Penyaluran BLT-DD tahap 4 kali ini berbeda dengan penyaluran BLT-DD tahap 3, karena kali ini penyaluran sekaligus vaksinasi, dan setelah di vaksin alhamdulillah saya tidak merasakan keluhan apapun, vaksinasi ini sangat membantu selain dapat menekan penyebaran wabah penyakit covid-19, juga mendapatkan sertifikat bahwa sudah di vaksin covid-19", ucapnya.


Dengan berpedoman pada pemberlakuaan pembatasan kegiatan masyarakat dan tetap mengikuti penerapan protokol kesehatan 5 M (Menjaga jarak, Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun, Menghindari kerumunan, Membatasi mobilitas). Kegiatan penyaluran BLT-DD tahap 4 tahun anggaran 2021 dan sekaligus vaksinasi bagi KPM BLT-DD ini berjalan dengan lancar.


(Ellah / Ateu)