Kolam Budi Daya Ikan di Situ Gadog Hampir Selesai dan Akan Di Kunjungi BBWSCC
-->

Advertisement


Kolam Budi Daya Ikan di Situ Gadog Hampir Selesai dan Akan Di Kunjungi BBWSCC

LKI CHANNEL
10 July 2021

LKI-CHANNEL , BOGOR


Menurut bung Iyus, Inisiator Jampang & Aliansi Seniman serta Koordinator KPSG(Komunitas Peduli Situ Gadog) yang di temui di kedai kopi di Setu Gadog, Jln: Radar Auri Rt 07/ 07, Kel. Cisalak, Kec. Cimanggis,Kota Depok,Propinsi Jawa Barat, hari sabtu, 10 Juli 2021, Setelah Relief di lanjutkan Proses Pembuatan Kolam Budi daya ikan di situ gadog Hampir selesai , KPSG dan Jabar Bergerak , ( J- B) Pakuya  Depok , mendapatkan kejutan akan di kunjungi oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) yang rencana akan lihat Situ Gadog dari dekat. 


Masih menurut Bung Iyus,Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWCC) Berkunjung ke situ Gadog dijadwalkan hari Minggu, 11 Juli 2021, pukul. 9.00 Wib untuk melihat dari dekat Nuansa Relief, Kolam Budi Daya Ikan dan Tanam Penghijauan di beranda sempadan Situ Gadog Mengacu pada Peraturan Menteri PUPR  20 Mei 2015 yang mana isinya :Pengawasan Sempadan Situ / Danau Wilayah Hutan Perkotaan di lakukan oleh : Menteri, Gubernur, Bupati, atau Walikota. 


Sesuai dengan wewenangan dan tanggung jawab dalam Pengelolaan Sumber Daya Air dengan melibatkan peran serta masyarakat. 


Bangunan Prasarana di Sempadan Situ / Danau yang di perbolehkan. Selain sanitasi air, menanam pohon / reboisasi dan untuk kegiatan Pariwisata, Sarana olahraga, Keagamaan, serta membuat jejaring sampah di inlet, ke badan Air Situ / Danau dan atau outlet serta pencegahan masuknya berbagai limbah yang berdampak pada kerusakan lingkungan, Pelestarian populasi ekosistem Situ / Danau di badan air. 


Pada saat kunjungan dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC ) di Situ gadog, KPSG dan Jabar bergerak (J.B) Pakuya, rencananya akan meninjau kondisi inlet dan sempadan situ gadog yang tertimbun tanah akibat normalisasi kali gendong. 


Lokasi Outlet bermuaranya air dan kali gendong serta badan air (outlet) yang memungkinkan masuknya pembuangan air dari kali gendong ke badan Situ menggiat ketinggian rongga saluran air tersebut nyaris sama. 


Melihat area lokasi bersama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), KPSG dan Jabar Bergerak (J.B) Pakuya Depok berencana ajukan Rekomtek untuk Pembuatan Balai Budidaya ikan yang berdekatan dengan Sumber mata air dan memetakan luas area lokasi Cagar budaya Sumber mata air situ gadog, ujar bung Iyus inisiator Jampang dan Aliansi Seniman  serta Koordinator KPSG (Komunitas Peduli Situ Gadog)  


(M.F.Mirza)