Mengenalkan Pendidikan Teknologi Pada Anak Usia Sekolah, Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Ajarkan Pengetahuan Komputer Kepada Anak-Anak di Wilayah Perbatasan RI-PNG
-->

Advertisement


Mengenalkan Pendidikan Teknologi Pada Anak Usia Sekolah, Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Ajarkan Pengetahuan Komputer Kepada Anak-Anak di Wilayah Perbatasan RI-PNG

LKI CHANNEL
01 July 2021

LKI-CHANNEL , KEEROM


Tantangan dalam perkembangan dunia saat ini adalah kecepatan bertransaksi informasi baik dalam memperoleh maupun menyampaikan informasi itu sendiri, hal ini tentunya berpengaruh di segala bidang kehidupan khususnya bidang pendidikan, oleh karena itu untuk memperoleh kemampuan mengoperasionalkan teknologi atau IT (Informasi Teknologi) hendaknya dimulai sejak dini (usia sekolah), dengan mendorong generasi muda yang produktif di masa kini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman generasi muda tentang IT (Informasi Teknologi) salah satunya dengan mengenalkan ilmu pengetahuan teknologi komputer, maka dari itu Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista mengajarkan pengetahuan dasar komputer kepada anak-anak usia sekolah di Kampung Towe Hitam, Distrik Towe, Kabupaten Keerom, Papua.



Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Kamis, (01/07/2021). 


Dansatgas mengungkapkan teknologi komputer sangat bermanfaat terutama bagi anak-anak generasi muda yang masih duduk di bangku sekolah, di zaman sekarang ini banyak orang yang lebih memilih menggunakan teknologi komputer dalam mencari pengetahuan maupun kecepatan dalam memperoleh informasi yang di butuhkannya.


“Saat ini memiliki kemampuan komputer sangatlah penting dalam menghadapi Era Globalisasi dengan harapan anak-anak atau Pemuda yang tinggal di wilayah perbatasan “Melek Teknologi” dan dapat bersaing dengan anak-anak atau pemuda yang berada di luar Papua serta diharapkkan dapat mendukung pendidikannya sampai kejenjang Perguruan Tinggi, oleh karena itu, Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Pos Towe Hitam serius dalam memberikan materi pendidikan komputer tersebut kepada anak-anak usia sekolah di Kampung binaannya,” kata Dansatgas.


Ditempat terpisah, Danpos Towe Hitam Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letda Inf Redo yang memimpin langsung kegiatan belajar komputer ini mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mengisi waktu anak-anak selama masa liburan sekolah, apalagi pada masa pandemi Covid-19 yang masih melanda sampai dengan saat ini membuat semakin terbatasnya anak-anak untuk dapat mengenyam pendidikan Komputer di sekolahan dikarenakan metode belajar yang masih menggunakan sistem Daring (pendidikan jarak jauh dengan internet tanpa melalui tatap muka).


“Mendengar informasi bahwa anak-anak di sekitar Pos Towe Hitam belum mendapatkan pelajaran pengetahuan komputer di sekolahnya sejak dini khususnya anak-anak yang duduk di bangku SD sampai dengan SMP Kelas 1 (satu), dengan berbekal 1 (satu) buah laptop maka kami berinisiatif mengajak anak-anak tersebut untuk sama-sama belajar komputer di pos secara bergantian,” imbuh Redo.


“Materi yang kami ajarkan berupa materi dasar pengoperasian komputer seperti Microsoft Word, Excel dan cara menggunakan internet, alhamdulillah anak-anak sangat senang dan antusias mengikuti kegiatan yang kami adakan selama liburan sekolah kali ini,” tutup Redo.


Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Inpres Towe Hitam Bapak Boni Pasius, S.I.P. (38) mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Pos Towe Hitam yang dengan tulus memberikan pelatihan mengoperasionalkan komputer kepada anak-anak usia sekolah di kampung Towe Hitam. 


“Kami sangat berterimakasih kepada abang-abang Tentara Pos Towe Hitam Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista, karena telah memotivasi semangat belajar anak-anak di kampung Towe Hitam agar mereka bisa bertambah kemampuannya mengoperasionalkan komputer demi mempersiapkan masa depan mereka agar bisa lebih baik lagi,” ujar Boni.


 (Pen Satgas Yonif 403/WP).