Tanam Pohon di Sempadan Kawasan Mata Air Situ Gadog dengan Reboisasi
-->

Advertisement


Tanam Pohon di Sempadan Kawasan Mata Air Situ Gadog dengan Reboisasi

LKI CHANNEL
04 July 2021

LKI-CHANNEL , DEPOK


Di sela - sela kegiatan penyemprotan dispektan di Kawasan Mata Air Situ Gadog, atas inisiatif Bang Jalal sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang J_ B (Jabar Bergerak) Pakuya dan Pemerhati Lingkungan Hidup Kota Depok sempatkan tanam pohon di Sempadan Situ sebagai Upaya Reboisasi. 


kegiatan aksi tanam pohon jenis matoa dan beberapa jenis buah buahan di Sempadan Situ Gadog merupakan upaya dari Kawasan Lindung Sumber Air, merupakan Kawasan yang memberikan Fungsi, Perlindungan terhadap sumber air. Pada kawasan sekitar mata air tertuang dalam Undang - Undang Nomor 17 Tahun 2019,terdapat pada pasal 10 huruf E. 


Kegiatan aksi tanam pohon di Sempadan Situ diikuti Komunitas Peduli Situ Gadog (KPSG) yang terdiri dari beberapa elemen masyarakat dan  Komunitas  yang peduli terhadap Lingkungan Hidup kususnya Kawasan Lindung Sumber Air Situ Gadog. 


Menurut Bung Jalal Ketua Dewan Pimpinan Cabang J_B              (Jabar Bergerak) Pakuya Kota Depok dan Pemerhati Lingkungan Hidup, kegiatan aksi tersebut mendapatkan dukungan dari elemen masyarakat dan Komunitas Peduli Hidup diantaranya: J-B ( Jabar Bergerak) Pakuya Dewan pimpinan cabang Kita Depok, KPSG  (Komunitas Peduli Situ Gadog), Tim Akar Rumput Kota Depok, Musik NKRI, LSM DPD Prabu, GIA, Gerakan Kebaikan Anti Covid 19 , Media Online, Global TV Aktual (globalaktual.com), Media Online dan Cetak Lintas Konsumen Indonesia (LKI.com), Suara Rakyat Buana(SRB.com), Komunitas Peduli Situ Bahar(KPSB) Jatijajar, disela giat Penyemprotan dispektan guna mendukung Pemerintah Kota Depok dan Pemerintah Pusat, PPKM Darurat Jawa dan Bali yang berlaku sejak 3 Juli hingga 20 Juli 2021 dalam upaya Pencegahan Covid 19.


Sejumlah aktifis Peduli Lingkungan Kawasan Situ sebagai wilayah Hutan Perkotaan, Daerah Resapan Air, Kawasan Penghijauan 


Peraturan Pemerintah Nomor. 11 Tahun 2010 tentang: Peran serta masyarakat dalam upaya Pelestarian, Perlindungan, Cagar Budaya untuk mendapatkan rekomendasi dari Bapak Walikota Depok, Disoryata, Budaya Kota Depok, dan Balai Promosi Wisata Jawa Barat, ujar Bang jalal, Ketua Dewan Pimpinan Cabang, J_B (Jabar Bergerak) Pakuya dan Pemerhati Lingkungan Hidup Kota Depok. 


Terkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Provinsi Banten, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dirjen Kebudayaan untuk menggali Latar belakang sejarah Sumber Mata Air dan Situ Gadog berada di wilayah Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, sebagai Kekayaan Budaya Nusantara dan Ilmu Pengetahuan dari generasi ke generasi. 


Sejumlah aktifis Peduli Lingkungan Hidup, senantiasa membangun komunikasi, dengan Kementerian LHK RI, dalam upaya penyelamatan lingkungan dan pencegahan dampak kerusakan lingkungan atau bencana Ekologis, bahwa Metologi pembangunan jangan mengabaikan kerusakan lingkungan hidup dan Hak Asasi Manusia, ujar bung Jalal Ketua DPC J_B(Jabar Bergerak) Pakuya dan Pemerhati Lingkungan Hidup.

 

(M.F.Mirza)