Bupati Bogor Luncurkan Kartu PANCAKARSA Untuk Tenaga Pendidik Non PNS Hingga Rt Dan Rw
-->

Advertisement


Bupati Bogor Luncurkan Kartu PANCAKARSA Untuk Tenaga Pendidik Non PNS Hingga Rt Dan Rw

LKI CHANNEL
21 August 2021

LKI-CHANNEL , BOGOR


Di tengah situasi pandemi Covid-19, Bupati Kabupaten Bogor Ade Yasin melantik Bunda Paud tingkat Kecamatan dan tingkat Desa secara virtual. Dalam kesempatan yang sama, Ade Yasin secara simbolis meluncurkan Kartu Pancakarsa. Peluncuran kartu ini bertujuan untuk memudahkan pemberian insentif bagi tenaga pendidik Non PNS dan pelaku pembangunan (Guru Non PNS, Paud, SD, SMP, RT/RW, Linmas, Guru Ngaji, Amil, BPD, Perangkat Desa). 


Dengan anggaran kurang lebih Rp15 miliar di Tahun 2021 sebanyak 10.001 guru mulai dari taman kanak-kanak negeri, SDN, SMPN, MI maupun MTS akan mendapatkan bantuan insentif melalui kartu Panca Karsa, bantuan ini, karena penghasilan mereka terdampak pandemi Covid-19.


"Ini merupakan bentuk perhatian Pemkab Bogor untuk para tenaga pendidik dan pelaku pembangunan. Dengan harapan dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan terbaik untuk masyarakat di Kabupaten Bogor. Pemberian insentif bukan hanya untuk guru paud, tetapi guru honor, guru madrasah. Di masa pandemi ini mereka semua terdampak, "kata Ade Yasin (18/08/2021).


Pemkab Bogor bekerja sama dengan Bank BJB untuk dapat mengaktifkan ATM Pancakarsa ini. Bupati mengungkapkan selama kemampuan keuangan daerah memenuhi, program pemberian insentif terhadap mereka-mereka yang sangat berperan untuk masyarakat akan terus digalakkan.


"Mudah-mudahan keuangan Pemkab Bogor bisa terus memenuhi setiap tahunnya. Dengan Kartu Pancakarsa ini juga kita berupaya untuk merubah pemberian insentif secara cashless, tersistem dan by data, "terang Ade Yasin Bupati Kabupaten Bogor


Penertiban kartu ataupun ATM Pancakarsa ini mengacu pada kebijakan ketentuan Pemerintah Pusat yaitu Inpres No.10/2016 tentang : Aksi Pencegahan dan pemberantasan korupsi dan SE Mendagri No. 910/1867/SJ DAN NO. 910/1867/SJ tentang: Implementasi transaksi non tunai pada Pemerintah Daerah.


"Untuk tahap awal, hari ini kartu Pancakarsa diserahkan simbolis kepada guru paud yang hadir di tempat. Nantinya, Kartu akan bertahap diberikan kepada 6.250 guru paud dengan alokasi anggaran sebesar 2,4juta per tahun serta Kartu Pancakarsa juga akan diberikan untuk Guru SD, SMP, Perangkat Desa, Guru Ngaji, Amil, BPD, Linmas hingga RT/RW," pungkas Ade Yasin.


(Heriyanto)