Peran Yayasan Cahaya Adiksi Indonesia Dalam Penaggulangan Bahaya Narkoba Selamatkan Anak Bangsa
-->

Advertisement


Peran Yayasan Cahaya Adiksi Indonesia Dalam Penaggulangan Bahaya Narkoba Selamatkan Anak Bangsa

LKI CHANNEL
10 August 2021

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Rehabilitasi narkoba adalah cara untuk memulihkan pengguna agar terbebas dari narkoba tentunya proses rehabilitasi ini memerlukan waktu yang tidak sebentar. Terlebih jika pegguna tersebut telah kecanduan narkoba dalam waktu yang lama.


Oleh karena itu, sudah seharusnya kita semua mencegah ini agar tidak sampai terjadi pada keluarga maupun lingkungan kita. Kalau sampai ada orang di sekitar kita yang mengalami kecanduan narkoba, kita bisa melakukan rehabilitasi agar kondisinya bisa cepat dipulihkan.


Seiring waktu, seseorang yang sudah mencapai tahap kecanduan membutuhkan dosis konsumsi narkoba yang semakin meningkat tidak bisa tertahankannya kondisi tersebut menyebabkan dia rela menghabiskan uang dan harta untuk mendapatkan narkoba, bahkan kenekatan untuk berbuat kriminal.Gejala awal yang muncul setelah memasuki tahap kecanduan umumnya melibatkan penurunan daya ingat dan disertai kondisi sakau. 

 

Mulya Saputra Pimpinan Yayasan Adiksi Indonesia salahsatu panti rehabilitasi narkoba yang ada diwilayah Kota Bogor tepatnya di Bukit Cimanggu City blok R.2 No.8 Rt.02/Rw 09 Mekarwangi Tanahsareal Kota Bogor.


Mulya Dalam paparannya kepada awak media lki channel saat dijumpai diruang kerjanya Senin (9/08/2021) mengatakan bahwa," Dilihat dari sisi sosial, pecandu narkoba akan menarik diri dari pergaulan, kedekatan dengan kerabat, dan bahkan menutup diri dari lingkungan yang lebih luas.


Selanjutnya, mereka lalai memenuhi kewajiban dan aktivitas lainnya, seperti rutinitas bekerja atau bersekolah," terangnya.


Lebih lanjut Mulya menjelaskan,"menurunnya kualitas kehidupan mereka ini didukung juga dengan kemunculan kebiasaan baru yang buruk, kebiasaan buruk ini akan membahayakan diri sendiri dan orang lain, misalnya menyetir saat dalam keadaan mabuk atau teler dan gejala pecandu dari golongan remaja umumnya berupa menurunnya prestasi akademik, sering tidak masuk sekolah, dan tidak tertarik aktivitas sosial di luar sekolah. 


Mereka juga tampak kehilangan energi dan motivasi, berpenampilan lusuh, sering mengurung diri, serta mengalami perubahan drastis dalam bersosialisasi dengan teman dan keluarga, " tandasnya .


(Heriyanto)