Silaturahmi LP Ma’arif Se-Jawa Barat Menjadi Gerbang Awal Memajukan Pendidikan Ma’arif Jabar
-->

Advertisement


Silaturahmi LP Ma’arif Se-Jawa Barat Menjadi Gerbang Awal Memajukan Pendidikan Ma’arif Jabar

LKI CHANNEL
27 March 2022

LKI Channel - Purwakarta


Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif PWNU (Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama) dan PCNU (Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama) se-Jawa Barat mengadakan acara silaturahmi untuk sharing terkait kondisi di masing-masing cabang sekaligus sosialisasi digitalisasi sekolah di bawah naungan LP Ma’arif Jawa Barat yang dilaksanakan pada Sabtu (26/3) di Kampus 2 Pesantren Al-Muhajirin Purwakarta secara luring dan daring via zoom. Hadir secara langsung Pengurus LP Maarif NU Jabar dan  perwakilan 23 Kabupaten Kota beserta SAKO dari Pengurus Pusat, Wilayah dan Kabupaten


Selain dihadiri oleh pengurus LP Ma’arif PWNU dan PCNU Jabar, acara silaturahmi ini juga dihadiri oleh Rois Syuriah PWNU Jabar, Ketua Tanfidziyah PWNU yang diwakili bidang Pendidikan PWNU Jabar, Kanwil Kemenag dan berbagai mitra pendidikan Ma’arif seperti BSI, Erlangga dan Telkom Indonesia. DIhadiri juga  oleh Ketua LP Ma’arif Pusat Prof. DR. Ali Ramdhani dan Kanda Oghi memberikan arahan Program Strategis LP Ma'arif Pusat.


Berdasarkan data yang ada, terdapat 1200 sekolah yang berada di bawah naungan LP Ma’arif di Jawa Barat. Bahkan jumlah sekolah yang di kelola Maarif atau tokoh NU lebih banyak dari sekolah negeri yang ada di Jawa Barat. Hal tersebut membuktikan bahwa kaum nahdliyah sama-sama ingin membangun pendidikan NKRI. Oleh sebab itu, hendaknya pemerintah memberikan dukungan penuh kepada pendidikan di Ma’arif Jabar. 


Ketua LP PWNU Jawa Barat, Dr. Hj. Ifa Faizah Rohmah, M. Pd. dalam sambutannya mengatakan, NKRI bagi warga NU adalah harga mati, kecintaan NU kepada NKRI tidak diragukan, maka seyogyanya sekolah NU harus didukung semua, Selain itu beliau juga menyampaikan bahwasannya sekolah ma’arif harus berani berinovasi dan berkolaborasi. Oleh sebab itu dalam programnya, LP Ma’arif Jawa Barat ini menggandeng berbagai mitra yakni Erlangga, BSI dan Telkom Indonesia untuk membantu dalam bidang digitalisasi sekolah. Sehingga diharapkan bisa membantu program LP Ma’arif dalam perkembangan berbasis digital untuk database, keuangan, program dan kualitas SDM sekolah ma’arif. 


Ketua LP Ma’arif Pusat, Prof. Ali Ramdhani yang hadir via zoom mendukung digitalisasi sekolah ini.“Kita harus mampu mengikuti dinamika zaman, oleh sebab itu kita harus beradaptasi dengan baik, salah satunya dengan digitalisasi sekolah ini.” ujarnya.


Beliau juga berpesan untuk semua pengurus LP Ma’arif bahwasanya semuanya butuh proses yang panjang karena tidak ada yang instan, termasuk mengembangkan pendidikan di Ma’arif Jabar. Oleh sebab itu, sebagai penggerak pendidikan harus mau usaha dan terus belajar. Karena sesungguhnya untuk menciptakan peserta didik yang unggul, maka pendidik pun harus terus belajar. Selain itu, harus mau berkolaborasi dan berinovasi terus menerus.


Silaturahmi ini menjadi acuan yang sangat baik untuk pendidikan di Ma’arif Jabar karena pengurus LP Ma’arif dari berbagai cabang berkesempatan menyampaikan kendala dan kondisi di masing-masing cabangnya. Sehingga semua pengurus baik dari cabang dan wilayah bisa sama-sama bersinergi mengatur strategi dalam mengembangkan pendidikan di sekolah-sekolah Ma’arif Jawa Barat agar lebih baik. 


(Yn)