Hasil Drawing Nusantara Cup 2022 : Grup Neraka! Persija, Borneo FC, Maluku Utara, BeTA Atambua.
-->

Advertisement


Hasil Drawing Nusantara Cup 2022 : Grup Neraka! Persija, Borneo FC, Maluku Utara, BeTA Atambua.

LKI CHANNEL
05 July 2022

LKI-CHANNEL , Bogor 


Drawing Turnamen Nusantara Cup 2022 memperebutkan trophy Menteri Pertahanan RI Letjen TNI (Pur) Prabowo Subianto telah dilakukan di Nasional Polo Club, Bogor, Selasa (5/7). 16 klub terbagi dalam 4 grup, setiap grup dihuni 2 tim elit pro Liga Indonesia dan 2 grup Academy sepakbola. Sesuai dengan namanya Nusantara Cup, 16 tim tersebut menggambarkan keterwakilan dari Sabang hingga Merauke.

  


“Pada Nusantara Cup, setiap pemain akan menggunakan GPS performance tracking, sebuah teknologi berupa alat untuk melakukan tracking pemain, yang juga berfungsi untuk mengetahui statistic  pemain secara detail yang kemudian dimplementasikan menjadi big data atau bank data”, tutur Ketua Panitia Aji Bintara . 


Lanjut Aji, tren menggunakan pendekatan ilmiah dalam sepak bola bukan hal yang baru. Pelatih legendari Ukraina, Valeriy Lobanovsky  telah menggunakan medio tahun 1970. Arsene Wenger pelatih Arsenal salah satu pioneer yang menggunakan metode ini. Nantinya big data yang terkumpul akan menjadi acuan menyaring 30 pemain terbaik bagi tim pemandu bakat. 

 

Usai drawing, ketua dewan pengarah Nusantara Cup Fary Djemi Francis menyampaikan program asuransi yang akan diberikan bagi 32 legend timnas Indonesia yang tergabung dalam Indonesia Football Forever (IFF) seperti Yudo Hadianto, Risdianto, Didik Darmadi, Heri Kiswanto, Rully Nere, Mutia Datau. 


Muthia Datau, legenda kiper timnas putri, nampak ceria berada diantara mantan timnas putra. Muthia satu-satunya pesepakbola perempuan yang mendapat asuransi dari Prabowo Subianto. Demikian halnya Didik Darmadi, bek handal jebolan PSSI Binatama, bangga atas apresiasi yang diberikan kepada dirinya dan legend timnas. 


“Alhamdulilah masih ada tokoh yang peduli dengan perjuangan kami para legend. Asuransi ini merupakan kepedulian bapak Prabowo, tidak semua legend beruntung, banyak yang menderita karena tidak punya jaminan di hari tua. Semoga dengan asuransi ini bisa menopang hari tua teman-teman legend”, tegas mantan pemain Indonesia Muda. 


Berkaitan dengan Nusantara Cup, dia menyambut baik, makin banyak turnamen usia dini, tentu makin banyak talenta muda yang bisa terjaring. Apalagi ini menggunakan teknologi, jadi pemain yang terjaring lebih obyektif.


Usai dilakukan drawing, masyarakat dihibur dengan friendly game antara legend timnas Indonesia Barat yang diperkuat, Rahmad Darmawan, Heri Kiswanto, Didik Darmadi, Patar Tambunan, Rocky Putiray, Peri Sandria, David Sulaksono, Mundari Karya. Sedangkan Legend Indonesia Timur ada, Farry Francis, Rully Nere, Louis Mahudin, Hasan Tuahera, Berti Tutuarima, Ely Idris, Alexander Saununu, Herma Polalo, Noah Meriam, Kamarudin Betay.


Laga pembukaan dan penutup akan dilangsungkan di Stadion Pakansari, Bogor, sedangkan babak penyisihan akan berlangsung di Stadion Pakansari dan Nasional Polo Club, Bogor.


Grup Neraka


Persaingan ketat akan terjadi di grup B yang dihuni PSM Makasar, PSA Ambon, PSS Sleman, ASIFA Malang, academy milik pelatih Persebaya Aji Santoso.


Demikian halnya di grup D yang dihuni Borneo FC, Maluku Utara Selection, Persija, Bintang Timur Atambua.


Manager Bintang Timur Atambua (BeTA), Serena C.Francis ditemui usai melakukan drawing, nampak tersenyum, dia merasa yakin walaupun berada satu grup bersama tim ibukota Persija dan Borneo FC.


“Walaupun BeTA Atambua masuk grup neraka bersama Persija, Borneo FC dan SSB Malut Selection, SSB BeTA Atambua tidak gentar dan menyambut baik hasil drawing ini”, tegas Rena begitu satu-satunya manejer perempuan di Nusantara Cup disapa


Baginya, dengan bergabung dalam grup neraka akan memberikan pengalaman besar kepada pemain. Tim yang dilatih Couch Maman Suryaman, memang dipersiapkan untuk berbagai event PSSI ke depan, termasuk Liga 3 NTT. 


Baginya Ini keuntungan bagi anak-anak BeTA, kami bisa mencoba mental pemain saat bertemu tim bagus, mental bagus, pasti bagus sekali untuk kompetisi nanti.


Untuk itu, kami menekankan kepada pemain untuk siap diri menghadapi turnamen ini. Menurutnya, semua tim dalam grup itu juga beranggapan sama berat.


"Itu jadi tantangan, gak boleh minder dengan nama besar klub/academy karena semua tim saling tidak mengetahui kekuatan", lanjut Rena. 


Pihaknya menargetkan bisa meraih hasil terbaik, target awal BeTA Academy lolos dalam fase grup.


Daftar tim dan pembagian grup Nusantara Cup 2022:


Grup :

Persis Solo

Academy PSLS Lhoksomawe - Aceh

PSIS Semarang

Academy TIGA NAGA - Pekanbaru


Grup B

PSM Makasar

Academy PSA Ambon

PSS Sleman

Academy ASIFA - Malang


Grup C

Persib Bandung

Academy Garuda Nusantara - Jakarta

Persipura

Academy ASIOP - Bogor


Grup D

Borneo FC

Academy Maluku Utara Selection

Persija

Academy Bintang Timur Atambua - NTT.


(Yp)