Kegiatan expos posyandu unggulan tingkat kabupaten desa sirnagalih kec. cilaku, kab. cianjur jawa barat
-->

Advertisement


Kegiatan expos posyandu unggulan tingkat kabupaten desa sirnagalih kec. cilaku, kab. cianjur jawa barat

LKI CHANNEL
12 August 2022

LKI Channel Cianjur.


Penilaian lomba dilakukan secara virtual oleh tim penilai lomba posyandu tingkat kabupaten dan dilaksanakan di aula gedung desa sirnagalih kecamatan cilaku kebupaten cianjur provinsi jawa barat.


Turut hadir Camat Cilaku selaku pembina, Sekmat Cilaku, Kapolsek Cilaku, Danramil, (Kapus) Kepala puskesmas Cilaku, Pendamping posyandu juara, Ketua PKK kecamatan, Kepala desa sirnagalih, Pokja desa sirnagalih, Ketua pkk desa sirnagalih, Kepala balai DPPKBP3A kecamatan Cilaku, Petugas Gizi, Korcam PPL,pendamping Posyandu Juara Kecamatan cilaku,PPL desa sirnagalih, serta Kader posyandu.


Posyandu merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat  yang dikelola dan diselenggarakan untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.


Posyandu sebagai salah satu Layanan Dasar Kebutuhan Masyarakat di Bidang Kesehatan. Hal ini menjadi perhatian hingga tingkat pusat. 


AI POETRA, S.IP, MM Sekmat Cilaku sebagai narasumber saat di wawancarai awak media lintas konsumen indonesia LKI Channel. bahwasan nya.


kegiatan hari ini saya telah melaksanakan penilaian pos pokjanal Posyandu tingkat kabupaten dan Alhamdulillah saya tadi memaparkan beberapa inovasi yang dilaksanakan di kecamatan Cilaku, Salah satunya yaitu inovasi sepatu yang disebut sepatu Bata. yaitu sedini mungkin pantauan tumbuh kembang balita dan untuk ibu hamil nya ada gerakan cinta artinya gerakan terpadu cegah stunting balita, inovasi selanjutnya gerakan kita membikin Bank protein. Di mana Bank protein ini kita mengumpulkan pada kadar protein makanan-makanan protein berupa telur daging Dan lain-lainnya, tapi kita fokus di telur ini nanti akan dibagikan kepada ibu hamil yang kurang mampu dan tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah dan kita bisa diberi secara gratis. 


Satu lagi yang keempat kita mempunyai inovasi percepatan informasi artinya apabila nanti ada kegiatan Posyandu atau pokjanal yang disampaikan kepada masyarakat bisa tersampaikan secara cepat.


Pada  dasarnya pentingnya peran Posyandu sebagai ujung tombak penggerakan dan pelayanan kesehatan masyarakat Dimana melalui posyandu dapat mengatasi permasalahan kesehatan di desa seperti  Gizi Buruk, Kesehatan Ibu dan Anak, KB, Imunisasi dan Stunting serta pelayanan kesehatan lainnya.

 

Saat  ini kunjungan masyarakat ke Posyandu yang masih sangat Kurang tentunya sangat berpengaruh dengan kegiatan Posyandu di Tingkat Kecamatan dan Desa, hal ini tentu mempunyai tantangan tersendiri bagi kader Posyandu untuk menarik minat masyarakat agar tetap mau datang ke Posyandu.


Lomba posyandu ini digelar tingkat Kabupaten untuk memotivasi dan Evaluasi Posyandu yang ada di tingkat kecamatan dan desa, selain itu posyandu yang  nantinya mendapatkan Nilai tertinggi dalam lomba ini akan mewakili Kabupaten untuk mengikuti  Lomba di Tingkat Provinsi.


Selain  kunjungan dalam rangka penilain Tim juga sekaligus memberikan evaluasi Kepada Kader Posyandu dalam hal penataan dan pembenahan sistem yang ada dalam setiap Posyandu agar Pelayanan Lebih baik dan maksimal.


(Iwan)