DIDUGA LIMBAH TPA CIKOLOTOK KAB.PURWAKARTA CEMARI ALIRAN SUNGAI
-->

Advertisement


DIDUGA LIMBAH TPA CIKOLOTOK KAB.PURWAKARTA CEMARI ALIRAN SUNGAI

LKI CHANNEL
01 October 2022

LKI Channel - Purwakarta 


Berawal dari temuan warga saat mencari ikan di sungai, ternyata ikan yang didapat oleh warga semuanya dalam kondisi mati, sehingga menuai tanda tanya besar, kenapa ikan pada Mati ? (Kamis , 29/09/2022)


Setelah dikembangkan bersama warga lainnya guna mencari sumber penyebab dari kematian ikan tersebut, ternyata di temukan ada aliran air yang berwarna hitam pekat yang diduga keras alirannya berasal dari pembuangan limbah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berada di Cikolotok Desa Margasari Kecamatan Pasawahan Kabupaten Purwakarta diduga mencemari aliran sungai, yang selama ini menjadi satu satunya tempat pembuangan sampah Akhir di kabupaten Purwakarta.


Hal tersebut kemudian di sangkal oleh Dinas terkait melalui Kepala Bidang (Kabid) Persampahan berinisial (A) dan menyatakan dengan penuh percaya diri bahwa ia yakin itu adalah bukan diakibatkan dari TPA.


" Saya yakin itu bukan dari TPA pak, karena kami sudah buatkan bak penampung air limbah, apalagi saat ini bukan musim penghujan, tidak mungkin air limbah mengalir, sebab walaupun musim penghujan pun jika bak penampung tidak meluap, jelas tidak akan mengalir ke luar ujar A.


Temuan aliran air yang berwarna hitam pekat tersebut seharusnya perlu disikapi oleh dinas terkait, sehingga warga sekitar tidak mendapatkan imbas dari adanya hal tersebut, dan menurut tugas serta fungsi dari dinas terkait berjalan sebagai mana mestinya.


(Yana)