Pembinaan POKMASWAS dengan kegiatan bersih bersih pantai di hadiri dinas perikanan Kab.Sukabumi
-->

Advertisement


Pembinaan POKMASWAS dengan kegiatan bersih bersih pantai di hadiri dinas perikanan Kab.Sukabumi

LKI CHANNEL
12 June 2023

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Pada hari Sabtu, 10 Juni 2023 dilaksanakanlah Pembinaan Kelompok Masyarakat Pengawas “POKMASWAS” dengan mengikuti kegiatan bersih-bersih pantai Talanca Desa Loji Kecamatan Simpenan


Kali ini mengamil lokasi di Pantai Talanca Desa Loji Kecamatan Simpenan dengan dihadiri Pelaku Usaha Perikanan (Nelayan) Pokmaswas Wiramandiri Simpenan ,Pokmaswas Ratu Nusantara Palabuanratu ,Pokmaswas Banban Nusantara Cisolok dan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA)


Pelaksanakan kegiatan Pembinaan Pokmaswas pada dasarnya yaitu untuk mendorong kepada masyarakat berpartisipasi aktif mencintai sumberdaya kelautan dan perikanan secara berkelanjutan dan mencintai lingkungan, dalam kegiatan ini juga Dinas Perikanan, Pomkaswas dan lainnya melakukan aksi bersih-bersih Pantai Talanca Desa Loji Kecamatan Simpenan berangkaian dengan kegiatan Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia.


Dalam kegiatan bersih-bersih pantai diharapkan menjadikan contoh kepada masyarakat Kabupaten Sukabumi untuk tergerak dapat mencintai lingkungan perairan sungai, pantai, laut dan sumberdaya perikanan, jangan sampai membuang sampah ke perairan dikarenakan salah satu dampaknya adalah ikan sidat yang saat ini menjadi ikon CPUGGp. Dikarenakan dalam melakukan siklus hidup ikan sidat dalam berkembang biak, memijah dan tumbuh berkembang di habitatnya sangat terganggu dan terancam oleh adanya sampah. 


Dinas Perikanan adalah salah satu Intansi yang hadir dalam mengikuti rangkaian Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Kabupaten Sukabumi dengan berkomitmen mendukung serta turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan bersih-bersih pantai untuk mengurangi Polusi Plastik serta mendukung kegiatan konservasi pesisir.


Harapan dinas perikanan kab. Sukabumi dengan adanya Kegiatan ini selain ajang silaturahmi juga sebagai Kegiatan Pembinaan kepada Pelaku Usaha Perikanan, Pokmaswas dan KTNA dalam upaya menjaga kelestrasian perairan sungai dan laut yang sehat dan mencegah kerusakan ekosistem perairan serta pesisir.


(Yp)