Penetapan hari sungai nasional dilaksanakan dengan acara bersih bersih sungai
-->

Advertisement


Penetapan hari sungai nasional dilaksanakan dengan acara bersih bersih sungai

LKI CHANNEL
27 July 2023

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Kegiatan Bersih-Bersih sungai merupakan kegiatan yang di inisiasi oleh Kepala UPTD PSDA WIL-SUNG Cisadea -Cibareno, dalam rangka memperingati hari sungai nasional Tahun 2023 yang jatuh pada setiap tanggal 27 Juli. 


Penetapan Hari Sungai Nasional ditetapkan sejak tahun 2011 melalui Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2011. diterbitkan Peraturan Pemerintah tersebut dalam rangka memotivasi masyarakat agar lebih peduli terhadap sungai. 


Maka pada Kamis, 27 Juli 2023 , berlokasi di Sungai Cimandiri  Depan stasiun Cireunghas Desa Bencoy Kecamatan Cireunghas diadakan lah  Kegiatan  penanaman pohon disempadan  sungai, restocking ikan serta bersama-sama bersih-bersih sungai yang di hadiri oleh Kepala UPTD PSDA WIL-SUNG Cisadea -Cibareno ,Kepala Dinas Perikanan ,Kodim 0607 ,Kepala Dinas PU Kab Sukabumi ,Kepala Dinas PUTR Kota Sukabumi ,Kepala Dinas Pertanian Kab Sukabumi ,Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab Sukabumi ,Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi ,Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Sukabumi ,Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah III Prov Jabar ,Kepala BPBD Kab Sukabumi ,Kepala BPBD Kota Sukabumi ,Kepala P3DW Kab Sukabumi ,Kabag SDA Setda Kab Sukabumi ,Camat Cireunghas, Camat Gegerbitung ,Polsek Cireunghas ,Polsek Gegerbitung ,Danposramil Cireunghas ,Koramil Gegerbitung,FAO ,PMI Kab Sukabumi ,Kepala BJB Cabang Sukabumi ,PT.Aqua Golden Missisippi , PT.Semen Jawa , PT. Millagros Putra Mandiri , PT.Asia Healt Energi Beverages , PT.Darussyifa Hikmah Tirta , PT. Indonesia Power, PT. Djarum ,PT.Male Karya Bersinar PT.Patriot Intan Abadi ,PT. Watu Petra Utama , LSM Peduli Lingkungan Dampal Jurig ,Komunitas Arung Jeram , Komunitas GGS ,Komunitas SMLC ,Komunitas CSHC ,Komunitas Sidat Mania Sukabumi ,Forum Masyarakat Peduli Cimandiri ,Tokoh Masyarakat Cireunghas


Penanaman pohon yang  dilaksanakan di sempadan kiri dan kanan sungai Cimandiri, pohon yang ditanam merupakan bantuan dari Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah III Prov Jabar LSM Dampal Jurig. Jenis pohon yang ditanam mahoni, durian, manglid dan jenis pohon lainnya yang cocok ditanam di sempadan sungai.Fungsi penanaman pohon di sempadan sungai adalah untuk menjaga erosi/abrasi sungai, mengurangi aliran run off kalau hujan terus serta untuk menyimpan/menahan air dalam rangka mempertahankan kelestarian fungsi sungai kegiatan selanjutnya adalah restocking ikan. 


Pada kesempatan tersebut dinas perikanan kabupaten sukabumi melakukan restocking ikan tawes sebanyak 3.000 ekor ke sungai Cimandiri. Restocking ikan juga dilaksanakan oleh Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Sukabumi yaitu sebanyak 50.000 ekor jenis ikan nilem. restocking benih ikan berfungsi untuk menjaga keseimbangan alam,  mengembalikan fungsi dan peran sungai sebagai ekosistem akuatik yang seimbang. Fungsi lain dari Restocking adalah meningkatkan stock populasi ikan di sungai, meningkatkan produksi,  melestarikan keanekaragaman sumberdaya ikan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. 


Kegiatan diakhiri dengan bersih bersih sungai. Sungai berfungsi untuk menampung air, menyimpan potensi pembangkitan listrik, sumber mencari nafkah dan pusat ekosistem makhluk hidup, salah satunya ikan.


Dengan harapan masyarakat lebih peduli dalam menjaga kebersihan dan kelestarian sungai-sungai dan juga membantu dalam proses pemulihan sungai-sungai yang rusak dan tercemar serta meningkatkan pemahaman, partisipasi dan terlibat aktif dalam menjaga pengelolaam sungai.


Selain itu harapan lainnya adalah dengan terjaganya ekosistem sungai, masyarakat sadar akan keberadaan ikan yang hidup diperairan bebas.  Keberadaan ikan akan memberikan manfaat baik untuk ekosistem maupun ekonomi dan perbaikan gizi masyarakat.


(Yp)