KPU Purwakarta Laksanakan Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024 Bersama Insan Pers Purwakarta "Informasi Sehat Untuk Demokrasi Hebat"
-->

Advertisement


KPU Purwakarta Laksanakan Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024 Bersama Insan Pers Purwakarta "Informasi Sehat Untuk Demokrasi Hebat"

LKI CHANNEL
11 February 2024

LKI Channel - Purwakarta


Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten purwakarta laksanakan kegiatan sosialisasi tahapan pemilu tahun 2024 bersama insan pers sekabupaten purwakarta di Hotel Grand Situ Buleud dengan tema "Informasi Sehat Untuk Demokrasi Hebat". Minggu, 11 Februari 2024.


Hadir ketua KPU kabupaten purwakarta Dian Hardiana, komisioner KPU Oyang Este Binos dan insan media yang ada di kabupaten purwakarta yang tergabung dalam beberapa organisasi media. 


Ketua KPU kabupaten purwakarta Dian Hardiana menyampaikan dalam sambutannya bahwa hari ini kita masuk kedalam masa tenang atau H-3 menjelang pemungutan suara,ini merupakan salah satu tahapan inti dalam pemilu,oleh karena nya KPU bekerja sama dengan stekholder pemerintahan di masa tenang ini bekerja sama membersihkan seluruh alat peraga kampanye maupun hal lainnya yang berhubungan dengan masa kampanye dalam masa tenang ini. 


Lanjutnya, KPU kabupaten purwakarta mengajak insan media dan masyarakat yang mempunyai hak memilih dalam Masa tenang ini untuk lebih memfokuskan di hari pemilihan nanti, sehingga pemilu tahun 2024 ini berjalan sukses tanpa ekses. 


Selanjutnya, KPU mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada insan pers di purwakarta karena telah membantu dalam menginformasikan perkembangan tahapan tahapan pemilu kepadabmasyarakat sehingga dapat mengetahui perkembangan informasi pemilu tahun 2024. Pungkas Dian Hardiana


Di Tempat yang sama , Oyang Este Binos yang merupakan salah satu anggota Komisioner KPU mengatakan bahwa acara hari ini merupakan ajang silaturahmi dan sosialisasi dengan mengundang rekan rekan insan media di purwakarta yang merupakan penunjang informasi kepada masyarakat dan juga sebagai pemilih. 


Oyang Este Binos menjelaskan mengenai tahapan tahapan pemilu dan payung hukum dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2024 , salah satunya Payung hukum UU No 2 tahun 2017 tentang pemilihan umum dan pklu no 14/16/24 tahun 2023 tentang penyelenggaraan pemungutan suara . 


Dan Untuk memastikan masyarakat terdaftar sebagai pemilih tetap,masyarakat dapat mengakses dengan membuka link cek DPT Online di HP android nya masing masing,lalu masukan NIK KTP nya sehingga nanti akan timbul bahwa anda sudah masuk daftar pemilih tetap dan lokasi dimana pemilih bisa memilih. Jelasnya 


Pemaparan mengenai sosialisasi pemilu dan siapa saja yang terlibat dalam pelaksanaan dan Penyelenggaraan Pemilu 2024 di jelaskan secara mendetail,adapun partai politik peserta pemilu di Indonesia yang mengikuti pemilu tahun 2024 sebanyak 24 parpol,tetapi untuk tingkat nasional hanya 18 parpol sisa nya 6 partai politik lokal yang memang masuk dalam daftar di KPU. 


Data pemilu 2024 DPT kabupaten purwakarta sebanyak 733.927 pemilih, untuk Jawa Barat sekitar 35.714.901 dan untuk Nasional Seluruh Indonesia terdata pemilih tetapnya sebanyak 204.807.222 ,adapun Jumlah kursi untuk dprd kabupaten purwakarta tahun 2024 ini sebanyak 50 kursi dari 732 peserta calon anggota legislatif, yang akan memperebutkan kursi nanti di DPRD kabupaten purwakarta


Adapun kategori pemilih masyarakat harus mengetahui beberapa kategori pemilih yaitu daftar pemilih tetap ( DPT) ,daftar pemilih tambahan( dptb ) dan daftar pemilih khusus ( DPK) ,warga yang mempunyai hak suara berhak menyalurkan hak suara nya di TPS,apabila ada pihak yang menghilang hak suara satu saja bisa terkena pidana.



Oyang Este Binos pun menekankan dalam pencoblosan nanti pemilih dilarang membawa handphone ke bilik suara,hal itu untuk menjaga kerahasiaan dalam pemilu yang jujur , adil dan rahasia. ketika ada warga dalam pencoblosan kehabisan surat suara, petugas pamsus wajib mengantar warga tersebut ke TPS terdekat yang masih ada kertas surat suara agar warga yang tidak ke bagian kertas dapat gak suaranya . Terang nya


(Yana)