Ambulance Desa Kado Spesial Untuk Warga di HUT ke 12 Desa Jayanti kecamatan Palabuhanratu
-->

Advertisement


Ambulance Desa Kado Spesial Untuk Warga di HUT ke 12 Desa Jayanti kecamatan Palabuhanratu

LKI CHANNEL
01 May 2024

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Acara puncak Hari Jadi ke 12 Desa Jayanti tahun 2024 ini adalah anugerah atau kado spesial bagi warga Desa Jayanti. Pasalnya, apa yang dinanti-nantikan oleh masyarakat Desa Jayanti untuk mempunyai mobil Ambulance Desa kini sudah terwujud. Tentunya dengan hasil kerja keras  Kepala Desa beserta perangkat desa yang sudah berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk warga Desa Jayanti.


Bukan hanya itu saja, kini Desa Jayanti pun sudah menjadi Desa Mandiri. Dimana di Hari Otonomi Daerah beberapa hari lalu Bupati Sukabumi memberikan penghargaan kepada 64 Desa se'Kabupaten Sukabumi yang menjadi Desa Mandiri, Salah satunya Desa Jayanti.


Di acara puncak HUT Desa Jayanti ke 12, Kepala Desa Jayanti Nandang,S.Ag saat diwawancarai awak media mengatakan, setelah 9 hari kemarin kita menggelar rangkaian acara, dan hari ini adalah hari yang ke 10 puncak acara kegiatan hari jadi yang ke-12 Desa Jayanti. Setelah berbagai kegiatan kita laksanakan, dari mulai olahraga, lingkungan, kemudian sosial  kesehatan dan sebagainya. Hal ini merupakan puncak acara, tadi sudah di saksikan oleh kawan-kawan semuanya.


"Alhamdulillah pak bupati yang diwakili oleh pak Asda, Ketua Apdesi, Pak Kapolres diwakili oleh Kasatimnas dan lain sebagainya. Ini merupakan sebuah apresiasi buat kami, di mana Puncak acara bisa dihadiri oleh orang-orang penting dan oleh orang-orang yang sangat luar biasa. Mudah-mudahan beliau-beliau datang ke Desa Jayanti membawa berkah buat warga desa Jayanti," kata Nandang, Kamis (30/04/2024).


Kita pernah punya program sehat, masih kata Nandang, sehat itu adalah sertifikat hak atas tanah, itu program lintor (lintas sektor) melalui program sertifikat nelayan.


"Ada 125 bidang tanah kita mendapatkan kuota dari BPN yang bekerja sama dengan dinas perikanan dan kelautan sebanyak 125 bidang. Hari ini kami berikan simbolisnya, meskipun di beberapa bulan yang lalu kami juga pernah menyampaikan sertifikat tersebut kepada warga yang tinggal, mungkin yang tersisa hanya beberapa orang saja. Mudah-mudahan itu adalah program sehat sertifikat hak atas tanah program lintor," jelas Nandang.


Kemudian ada BPJS Ketenagakerjaan, lanjut Nandang, itu merupakan aturan dari pemerintah. Di mana desa hari ini wajib hukumnya untuk memberikan jaminan kepada RT/RW serta linmas terkait tentang BPJS Ketenagakerjaan.


"Kami sudah melaksanakan sudah kontrak dan kerjasama dengan pihak BPJS dan hari tadi pada momen kegiatan inibsudah dilaksanakan secara simbolis," terang Nandang.


Untuk linmas juga sama, sambung Nandang, untuk yang lain-lainnya seperti pelayanan Adminduk yang sudah dilaksanakan pada hari Jum'at kemarin pada tanggal 26 April kita mendatangkan dari dinas kependudukan dan catatan sipil yang memberikan pelayanan.


"Disdukcapil UPTD Palabuhanratu yang memberikan pelayanan, agar lebih dekat kepada warga dan memang inilah tugas dan utama kewajiban kita dalam pemerintahan desa di mana warga bisa lebih mudah dan dekat untuk mengakses pelayanan tentang administrasi kependudukan, salah satunya adalah KTP dan KK, baik Akte lahir maupun Akte kematian," paparnya.


Nandang pun menyampaikan bahwa hari ini kami diberikan tanggung jawab, beban dan amanat, dimana pada saat Musrenbang Desa 2023 warga masyarakat menitipkan amanatnya kepada RT/RW dan kadus, lalu kadus menitipkan amanatnya juga yang sudah dibahas dalam Musdus, kemudian musdus itu sudah dibahas dalam salah satunya adalah Musrenbangdes yang sudah disepakati antara pemerintah Desa Kepala Desa dengan BPD, dimana waktu itu warga pengen punya ambulans. Oleh karena itu maka kami harus bisa memegang teguh amanah, apa yang menjadi harapan warga hari ini.


"Kawan-kawan sudah bisa melihat kami bekerja sama dengan pihak Suzuki, sudah bisa menghadirkan satu unit mobil ambulans, itu diperuntukan untuk warga yang memang sakit dan terlebih warga yang meninggal untuk pengangkutan jenazah. Mudah-mudahan semuanya bisa bermanfaat, itu adalah amanat warga yang harus kami realisasikan," ujar Nandang.


Ditempat yang sama, Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi, Deden mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Jayanti yang sudah mengundang di acara HUT ke 12 Desa Jayanti


"Saya berterimakasih kepada Pak Kepala Desa Jayanti yang sudah mengundang kami dalam rangkaian kegiatan hari jadi Desa Jayanti yang ke-12. Pertama saya apresiasi dengan tasyakur binikmat nya Desa Jayanti yang ke-12. Mudah-mudahan desa jayanti ke depan bisa lebih maju dan juga bisa lebih baik membangun masyarakat desa, khususnya untuk Desa Jayanti di Kecamatan Pelabuhanratu," ucapnya.


Deden pun sangat mengapresiasi kegiatan Hari Jadi Desa Jayanti ke 12.


"Saya mengucapkan apresiasi juga karena dengan hari jadinya yang ke 12, Desa Jayanti di iringi dengan mendapatkan prestasi dengan Desa Mandiri. Mudah-mudahan ini adalah suatu prestasi untuk mengucapkan kepada masyarakat, Desa jayanti yang dipimpin oleh Pak Nandang ini sangat luar biasa. Kedepannya mudah-mudahan bisa terus berkontribusi untuk kesejahteraan desa dan masyarakat yang ada di Desa Jayanti," pungkasnya.


Acara puncak Hari Jadi ke 12 Desa Jayanti dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, seperti Merching band, Karnaval, lomba pidato Rt/Rw, pemberian penghargaan dan sertifikat, lalu malam nya dilanjutkan dengan tablig akbar.


(Ateu Ellah)