Proyek DPUTR Long Segment Untuk Drainasenya Di Duga Kuat Asal Jadi .
-->

Advertisement


Proyek DPUTR Long Segment Untuk Drainasenya Di Duga Kuat Asal Jadi .

LKI CHANNEL
27 May 2024

LKI Channel - Purwakarta


Proyek penanganan long segment Jalan Gembong-Lebak Anyar yang berlokasi Kp. Pasirkihiyang Desa Lebak Anyar Kecamatan Pasawahan Kabupaten Purwakarta dari DPUTR di duga asal Jadi.


Proyek tersebut di kerjakan oleh CV. PANTJA BAKTI dengan nilai kontrak Rp. 1.009.716.000 yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2024, pekerjaan yang di anggarkan oleh pemerintah itu diduga dikerjakan asal jadi tanpa memperdulikan mutu kualitas ketahanan bangunan, hal ini sangat disayangkan.


Untuk kualitas proyek bangunan tersebut di duga tidak akan bertahan lama, karena dari pantauan awak media dilapangan dalam pembangunan saluran irigasi  nya ketika pemasangan batu pondasi, tanahnya tidak di gali lebih dahulu,melainkan batu tersebut langsung di tancap dan di jejerkan serta langsung di campur dengan adukan seperti dalam Poto.


Yang lebih parah lagi dan menjadi pertanyaan yaitu adanya pembangunan pondasi batu drainase yang tumpang tindih dengan pembangunan drainase yang lama, pondasi Drainase yang lama dan sudah berlumut di atasnya langsung di tumpangi oleh drainase yang baru, bahkan ada sebagian pondasi tembok nya hanya di lapisi adukan saja sehingga kuat dugaan pembangunan drainase tersebut tidak akan bertahan lama. 


Pengawas dari DPUTR yang berada di lokasi ketika ditanyakan mengenai pembangunan saluran drainase pihaknya menyampaikan "katanya yang lama di bongkar semua dan di barukan ",tetapi di saat awak media menunjuk adanya drainase yang tumpang tindih dirinya langsung merubah pernyataannya "owh yang itu mah hanya di tambahkan pak"


Adanya konsultan pengawas difungsikan sebagai pengaturan teknis di lapangan yang mendesain kualitas dan kuantitas pekerjaan supaya lebih Baik, justru sebaliknya terkesan cuek akibat butanya pengawasan konsultan di lapangan sehingga terkesan kesalahan yang ada di abaikan


Wawan dari owner CV. PANTJA BAKTI saat di mintai konfirmasi terkait proyeknya tersebut via telepon seluler WhatsApp tidak menjawab bahkan terkesan bungkam


Awak media akan langsung menanyakan perihal Proyek tersebut kepada Dinas terkait,sampai berita ini di turunkan ke meja redaksi pihak CV. Pantja Bakti belum bisa dikonfirmasi.


(Yn/Yd)