Bupati Sukabumi pastikan masyarakat merasakan manfaat secara nyata akan keberadaan kampung KB
-->

Advertisement


Bupati Sukabumi pastikan masyarakat merasakan manfaat secara nyata akan keberadaan kampung KB

REDAKSI
22 Februari 2020

LKI-CHANNEL , SUKABUMI

Kampung KB adalah media untuk pemberdayaan masyarakat, merupakan sebuah program dari BKKBN untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui keterpaduan Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Untuk memastikan Program Kampung KB terlaksana dengan baik serta kemanfaatannya dirasakan secara nyata oleh masyarakat. Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami lakukan monitoring melalui kegiatan Saba Kampung KB, Jumat (21/2/2020) ke
Kampung KB Babakan, Desa Gede Pangrango, Kecamatan Kadudampit.

Kegiatan penting ini di meriahkan penampilan seni budaya tradisional karinding dan paduan suara kader Posyandu Desa Gede Pangrango.
"Lewat kampung KB ini, masyarakat bisa melakukan berbagai kegiatan. Mulai dari kepedulian lingkungan, pemberdayaan lanjutan, peningkatkan sektor kesehatan dan kesejahteraan Keluarga," ungkap Bupati.

Menurutnya, Peran kampung KB dapat mensejahterakan rakyat dan mendorong budaya untuk terus berkembang. Hal itu termasuk pemberdayaan ekonomi melalui peran ibu rumah tangga. " lewat kampung KB ini, ibu rumah tangga didorong bisa menunjang ekonomi keluarga," jelasnya.

Terkait perannya dalam pengembangan aspek ekonomi keluarga, H. Marwan Hamami mengatakan, Kampung KB bisa di singkronkan dengan BUMDes. Dalam hal ini, BUMDes bisa menyediakan kebutuhan sembako setiap warung sekitar. Tentu saja dengan harga yang bersaing dengan minimarket. "Dengan begitu, perputaran uang tetap di desa. Selain itu, bisa menjalin silaturahmi antar warga," terangnya.

Bupati berharap kampung KB menjadi salah satu solusi dalam mengatasi masalah yang ada. Baik masalah pembangunan keluarga, kependudukan, keluarga berencana serta sektor lainnya.
"Dalam pelaksanaanya harus terpadu dan berkolaborasi untuk menunjang suksesnya program KKBPK, Ke depan kita dorong program bangga kencana ini menjadi program terintegrasi dalam rangka mewujudkan Sukabumi yang lebih, religius, mandiri" pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Sukabumi, Nasihudin mengatakan, kampung KB tersebut berawal dari Kabupaten Sukabumi. Namun sekarang sudah menasional. Bahkan disambut positif Presiden Joko Widodo. "Isunya seluruh Indonesia harus menyiptakan kampung KB. Apalagi didalamnya ada sektor pemberdayaan, jadi sangat bermanfaat untuk masyarakat," terangnya.

Senada dengan Nasihudin, Camat Kadudampit Jenal Abidin mengatakan, kampung KB tersebut bersinergi dalam membina masyarakat. Bahkan keberadaannya memberikan sumbangsih kepada Kabupaten Sukabumi. "Posyandu di sini masuk juara 3 di tingkat Provinsi Jawa Barat 2019 lalu,"
Sementara itu, Ketua Kampung KB Opik Abdurahman mengatakan, kesadaran masyarakat semakin meningkat ketika ada kampung KB. Terutama dalam mengikuti program KB. "Antusiasnya tinggi, bahkan bapak bapak pun ada yang ikut program KB. Mohon jangan berhenti untuk memajukan kampung KB,"harapnya.

Dalam kegiatan Saba Kampung KB tersebut, Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menyerahkan sejumlah bantuan. Diantaranya pemberian sembako bagi panti jompo dan santunan anak yatim. Tak hanya itu, sembilan desa di Kecamatan Kadudampit pun mendapatkan bantuan bibit ikan sebanyak 14 ribu ekor.
Tak hanya itu, Polsek Kadudampit menerima bantuan printer dari Polres Sukabumi Kota. Bantuan tersebut untuk memperlancar proses pelayanan pengesahan STNK di Polsek Kadudampit.

Sebelum meninggalkan tempat, H. Marwan Hamami beserta rombongan dan masyarakat sekitar menyaksikan pertunjukan bobodoran dilanjutkan meninjau stand Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Desa Gede Pangrango.(Yopi)