Ponpes Alqomariah Bekasi Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Rumah Penduduk
-->

Advertisement


Ponpes Alqomariah Bekasi Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Rumah Penduduk

REDAKSI
24 March 2020

LKI-CHANNEL , Bekasi

Inisiatif warga masyarakat membantu upaya pemerintah memerangi penyebaran virus Covid 19 di Indonesia mulai berlangsung di mana-mana. Salah satunya dilakukan oleh para pengurus dan santri di Pondok Pesantren Alqomariah Kranggan Jatisampurna Bekasi. Penyemprotan disinfektan dilakukan di seluruh ruangan pondok pesantren dan masjid, serta di sejumlah rumah-rumah penduduk sekitar Ponpes Alqomariah.


Aksi ini dilakukan untuk menyikapi semakin meluasnya dampak dari penyebaran virus corona yang sangat meresahkan masyarakat. Pengasuh Ponpes KH Abdullah Musfik mengatakan, kegiatan sosial penyemprotan disinfektan secara masal ini dilaksanakan pada fasilitas umum seperti Masjid, sekolah, dan perumahan penduduk di wilayah yang memungkinkan di jangkau oleh tim relawan yang di bentuk oleh pihak pasantren.  “Aksi ini dilakukan agar masyarakat sekitar bisa aman dari virus Covid 19,” ungkap Pengasuh Ponpes yang akrab disapa Kiai Abi, di sela kegiatan penyemprotan disinfektan di rumah salah seorang warga, Selasa (24/03/2020).

Pengasuh pondok pasantren yang sudah banyak menghasilkan penghafal Alquran ini juga mengatakan,  aksi ini dilaksanakan berkat inisiatif  dari salah satu jamaah Pasantren Alqomariah H. Eidy Sutrisno S Hadji Djafar, S.Sos, ST, MM.Tr  yang  selama ini sering ikut berperan aktif bersama Ponpes untuk membantu warga setempat.

Menurut Kiai Abi, kegiatan ini akan terus dilakukan walaupun untuk mendapatkan cairan desinfektan saat ini sangat sulit dan mahal.

Udin, warga setempat, mengaku senang dan berterima kasih kepada Ponspes Alqomariah dan para santri yang sudah mejadi relawan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga dan sejumlah fasilitas publik.  “Semoga kegiatan ini bisa terus berlangsung sampai wabah virus corona ini berakhir,” harap Dedi warga lainnya yang rumahnya ikut disemprot disinfektan.

Sementara itu pemrakarsa kegiatan ini, H. Eidy Sutrisno Hadji Djafar yang bisa disapa Bang Hadji  mengaku senang warga setempat merespon positif kegiatan sosial yang dilaksanakan Ponpes Alqomaria. 
“Kegiatan ini dilakukan  semata-mata merupakan kepedulian sebagai warga negara untuk turut membantu pemerintah secara proporsional melalui penyemprotan desinfektan  secara gratis  kepada masyarakat sekaligus membantu mengkampanyekan hidup sehat, tidak keluar rumah dan berkerumun, serta menjaga jarak dengan orang lain agar tidak tertular virus.” terangnya.

Bang Haji juga berharap, warga masyarakat  tidak panik dan lebih siap menghadapi suasana yang cukup meresahkan saat ini. Tidak lupa pula Bang Haji mengajak masyarakat yang memiliki kelebihan rejeki untuk ikut membantu pemerintah secara proporsional. “Yang paling dibutuhkan rakyat saat ini yaitu pembagian gratis cairan antiseptik pembersih tangan untuk mencegah penyebaran virus corona,” ujar Bang Haji yang kesehariannya menjabat sebagai Kepala  Kantor Pelabuhan Kintap di Kalimantan Selatan Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI.

 (YOPI)