Rapat Dengan SKPD, Ini Instruksi Bupati Bogor Untuk Penanganan Wabah Corona
-->

Advertisement


Rapat Dengan SKPD, Ini Instruksi Bupati Bogor Untuk Penanganan Wabah Corona

REDAKSI
15 Maret 2020

LKI-CHANNEL , BOGOR

Bupati Bogor Ade Yasin menggelar rapat bersama beberapa SKPD terkait penanganan virus Covid-19 untuk wilayah Kabupaten Bogor di ruang rapat Pendopo Bupati, Minggu (15/03/2020).


Selesai melaksanakan rapat, Bupati menyampaikan beberapa poin untuk menyikapi wabah Corona atau  Covid-19 di wilayahnya.

Yang pertama, untuk  kegiatan belajar di sekolah, Bupati mengikuti arahan dari pusat dan provinsi yaitu siswa sekolah mengikuti kegiatan belajar dari rumah terhitung mulai besok tgl 16  hingga 28 maret 2020, dan menginstruksikan kepada Dinas Pendidikan berkoordinasi dengan sekolah dan para guru untuk mempersiapkan bahan pelajaran sehingga siswa tetap bisa belajar selama berada di rumah.

Kedua, untuk pelayanan publik seperti pembuatan KTP, perizinan dan rapat kedinasan terbatas tetap dilaksanakan, namun prosedur pencegahan seperti menyediakan handsanitizer dan sabun kesehatan wajib dilakukan.

Ketiga, tempat wisata tetap dibuka, dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi masyarakat yang masih tergantung dengan penghasilan harian, hanya saja pengawasan terhadap turis asing ditingkatkan, prosedur untuk menjaga kebersihan juga terus disosialisasikan kepada pengelola dan pengunjung tempat wisata.

Keempat, seluruh fasilitas kesehatan siaga untuk menangani kasus corona maupun penyakit lain seperti demam berdarah, 4 RSUD yang ada di Kabupaten Bogor menjadi rujukan untuk penanganan kasus corona, fasilitas ruang Isolasi, sarana lain dan tenaga medis sudah dipersiapkan.

Terkait adanya usulan lockdown, Bupati menyatakan hal tersebut akan sangat sulit dilakukan mengingat kondisi dan kultur masyarakat Bogor yang masih harus beraktifitas setiap hari untuk mencari nafkah.

"Sangat berat kalau Kabupaten Bogor harus di lockdown, bagaimana aktivitas masyarakat kecil yang mengandalkan penghasilan harian, kecuali apabila pemerintah pusat memiliki solusi dan sumber daya yang cukup untuk memastikan masyarakat tetap tercukupi kebutuhannya selama dalam status lockdown ", ujar Ade Yasin.

"Sekarang ini kami tetap fokus untuk tidak hanya menghindari, tapi juga memerangi wabah virus corona ini, walaupun bukan dengan cara lockdown, tapi mempersiapkan dan menyiapkan seluruh sumber daya agar wabah ini tidak semakin besar", tambahnya.

Bupati juga menghimbau warga masyarakat Kabupaten Bogor untuk tetap tenang namun wajib waspada, selalu menjaga kesehatan tubuh, jaga kebersihan seperti selalu mencuci tangan setelah beraktifitas, dan apabila bila ada gejala infeksi virus corona segera hubungi fasilitas kesehatan terdekat.
(Yusdiansah)

google.com, pub-7523869238427836, DIRECT, f08c47fec0942fa0