Kampung Siaga Covid-19 dan Lomba Pos Siskamling
-->

Advertisement


Kampung Siaga Covid-19 dan Lomba Pos Siskamling

REDAKSI
28 Agustus 2020

LKI-CHANNEL , BOGOR

Kampung Parakan Jati Rt.05/03 Desa Susukan, Kecamatan Bojong Gede yang terpilih sebagai perwakilan Kecamatan Bojong Gede dan Kecamatan Tajur Halang, untuk mewakili sebagai kampung siaga Covid-19 dan ajang Lomba Pos Siskamling se-wilayah Polres Depok. Senin, 24/08/2020.


Dalam acara penilaian Pos Siskamling dan Kampung siaga Covid-19 turut di hadiri, M.Irvan Syahrizal Kepala Desa Susukan, Camatan Bojong Gede Dache hutomi, Kaplsek Bojong gede Kompol Supriyadi Sh , Koramil Bojong Gede,  Kasat Binmas Polres Metro Depok Lumban Sh, Team Penilai dari Polres Deppk, Kepala Dusun Desa Susukan serta Rt dan Rw Ketua Rt/Rw .

M.Irvan Sahrizal dalam sambutannya berterimakasih kepada warga Rt.05/03 yang sangat antusia dalam pelaksanaan Kampung siaga Covid dan terpilihnya perlombaan Pos Siskamling dalam penanganan ke aman Lingkungan sekitar, nudah-nudahan ini bisa menjadi Barometer untuk Wlayah Rt dan Rw yang lainnya. Saya sangat bangga dengan kekompakan warga Rt.05/03 yang begitu antusias terhadap Lingkungannya.
Saya juga berterimakasih atas kehadiran dari pak Camat Bojong Gede, Kapolsek Bojong Gede beserta jajarannya, Koramil beserta jajaranya dan Perwakilan dari Kapolres Metro Depok dan jajarannya beserta tim Penilai Pos Siskamling.

Saya tidak menyangka ternyata di Desa Susukan ini ada Rt dan lingkungannya terpilih sebagai lomba Pos Siskamling dan Kampung siaga Covid yang menjadi salah satu perwakilan di dua Kecamatan,  kecamatan Bojong Gede dan Kecamatan Tajur Halang. Sekali lagi saya ucapkan kepada Rt saya dan warga saya agar selalu waspada dalam keamanan lingkungam dan selalu mematuhi protokol kesehatan. " Pungkasnya ".

Ojak Spd Ketua Rt.05/03 menjelaskan mengenai Pos Siskamling yang terpilih sebagai pengikut Lomba Pos Siskamling dan Siaga Covid - 19. Bahwasanya ini semuah berkat gotong royong warga dan yang di suport Babinmasdan Babinsa Desa Susukan beserta Kepengurusan Rt yang solid dalam pengamanan lingkungan Rt 05/03.
Dalam penanganan Lingkungan kami buat beberapa pos di titik rawan kemalingan, kita ada 5 pos di Rt.05/03 ini. Masing-masing pos di sediakan HT untuk saling berkoordinasi dan kami pun menyediakan beberapa CCTV di lingkungan Rt.05/03.

Kami pun selalu aktif dalam jadwal ronda yang sudah di sepakati oleh warga Rt.05/03 di buat tim jadwal rondan dan jam mulai ronda kita sepakati mulai jam 21:00 sampai jam 3.30. Kita di sini juga menyediakan juga Petugas jaga 2 orang  dari kumpulan kesepakan warga.

Bukan hanya penanganan keamanan lingkungan saja yang kami siagakan tapi penanganan Musim hujan di saat banjir kita juga sudah siapkan. Di antaranya Plampung khusus, Ban Dalam Mobil Truk dan alarem. Kalau Penanganan Siaga Covid-19 kita juga siapkan untuk masyarakat dan anak-anak yang wajib belajar jarak jauh membutuhkan sambuangan online, kita siapkan Wifi gratis untuk anak-anak belajar jarak jauh. kita juga bergotong royong menyediakan bahan pangan yang di hasilkan dari warga dengan berternak, menanam sayur hidroponik dan lainya.

Bahkan kita disini menyediakan untuk anak-anak karang taruna yang mempunyai bakat dalam otomitif, sudah ada beberapa yang karya anak Muda Rt.05/03 dalam memodifikasi kendaraan bermotor dan kunci anti maling untuk kendaraan. Sekian informasih yang saya sampaikan kepada Kapolres, Kapolsek, pak Camat, dan Tim Penilai dari Polres Metro Depok. Kalau saya jabarkan semuahnya sangan panjangan dan masih banyak lagi Kreatifitas dari warga Rt.05/03. " Pungkasnya".

Kompol Lumban SH. KasatBinmas Polres Metro Depok dalam sambutannya Pesan Dari Kapolres dan Wakapolres Metro Depok permintaan maaf yang sugiyanya akan hadir disini, tetapi di karnakan ada tugas di Polres yang tidak bisa di tinggalkan, maka beliau berpesan permintaan maaf kepada tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga sekitar karna beliau tidak bisa hadir. Hanya berpesan kepada saya agar menyampaikan pesan dari beliau bahwasanya bukan karna penilaiannya akan tetapi ke segi keamanannya dengan adanya Siskamling ini karna kerawanannya di wilayar Polres Metro Depok yang masih adanya kejahatan lain seperti pencurian dan curanmor. Maka beliau mengadakannya Perlombaan Siskamling.

Tapi beliau bukan mencari siapa yang juara, kalau juara semuah juara ada 7 polsek di Polres Metro Depok, juara 1 sampai juara 7, semuah dapat hadia dari beliau, tapi bukan nilainya yang sangat perlu, tetapi pemanfaatan Pos Siskamling ini. Mudah-mudahan Pos Siskamling ini berjalan terus demi keamanan lingkungan. Bukan hanya di saat ada Perlombaan saja atau di bulan tertentu. Yang ingkin bapak Kapolres, saya dan kami pihak kepolisian menginkan Pos Siskamling ini terus berjalan dan di manfaatkan untuk keamanan lingkungan bersama.

saya disini tidak lagi menjelaskan dan memaparkan lagi, karna pak Rt tadi sudah menjelaskan kepada saya dan kami tentang apa yang sudah ada dan di siapkan di Siskamling ini semuah ada. Untuk Siaga Covid sudah di jelaskan, Pertahanan Pangan sudah ada, dan semuah sudah mendukung, kalau saya boleh menilai ini juara 1 karna semuahnya sudah lengkap dan ada.

Akan tetapi kita harus tetap siaga Covid dan selalu mengikuti protokol kesehatan, karna di wilayah Depok ini masih zona merah. Yang sebelumnya sudah zona kuning, kini menjadi zona merah lagi. Dikarnakan masih banyaknya masyarakat yang kurang kesadaranya dalam mematuhi protokol kesehatan. Sekian yang saya sampaikan dan arahan dari bapak Kapolres dan Wakapolres Metro Depok. ,"Tandasnya ",

(  Herman koto)