DAMPINGI GUBERNUR KE CIPTAGELAR, WABUP " MENGELOLA GEOPARK MENGEMBANGKAN CULTURAL DIVERSITY
-->

Advertisement


DAMPINGI GUBERNUR KE CIPTAGELAR, WABUP " MENGELOLA GEOPARK MENGEMBANGKAN CULTURAL DIVERSITY

LKI CHANNEL
25 March 2021

LKI-CHANNEL , SUKABUMI

Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri, Mendampingi Gubernur Jawa Barat H. M Ridwan Kamil pada Kegiatan Kunjungan Kerja Gubernur Jabar Ke Kampung Adat Ciptagelar, Kamis (25/3).


Dalam kunjungan ini Kang Emil sangat terkesan dengan inovasi pertanian dan teknologi yang diterapkan di Kampung Adat Kasepuhan Ciptagelar.
" aspirasi aspirasi yang disampaikan tentu akan kita tampung dan akan kita dukung untik pengembangan destinasi wisata Kampung adat Ciptagelar ini." Ungkapnya.
Sementara Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menegaskan keterkaitan antara kampung adat dengan status Ciletuh Palabuhanratu Global Geopark cukup erat. Saat ini status CPUGG sendiri statusnya tengah di revalidasi oleh UNESCO.
"Ciptagelar merupakan salah satu destinasi di kawasan Geopark untuk mempromosikan atau memperlihatkan cultural diversity atau keaneka ragaman budaya yang ada di kabupaten Sukabumi ya salah satunya ada Ciptagelar, jadi ketika ingin mengembangkan Geopark salah satu dengan mengelola keragaman budayanya yang kita miliki, ," papar nya



Seperti diketahui, selain berhubungan dengan geologi, geopark juga berhubungan dengan
arkeologi, ekologi, nilai sejarah atau budaya dan memiliki tiga unsur yaitu,
keanekaragaman geologi (geodiversity), keanekaragaman hayati (biodiversity)
dan keanekaragaman budaya (cultural diversity).
Wakil Bupati Sukabumi juga menyaksikan penyerahan bantuan dari Pemerintah Propinsi Jabar untuk Kampung adat Ciptagelar sebesar Rp. 50.000.000,- yang diterima secara simbolis oleh Kasepuhan Kampung Adat Ciptagelar Abah Ugi.

(Yp)