Bimtek Persiapan Retana Dalam Rangka Tanggap Bencana Desa
-->

Advertisement


Bimtek Persiapan Retana Dalam Rangka Tanggap Bencana Desa

LKI CHANNEL
19 July 2021

LKI CHANNEL,CIANJUR


Bimbingan tekhnis persiapan tanggap bencana di tingkat desa yang di selenggarakan oleh Relawan Tanggap Bencana (RETANA) Desa yang di hadiri oleh Kepala Desa Cibokor serta di dampingi Ketua Retana Kecamatan Cibeber selaku narasumber dalam Bimtek tersebut.Bale sawala Desa Cibokor Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur ,Senin/19/07/2021


Elian selaku Kepala Desa Cibokor menuturkan ,Penanggulangan bencana merupakan bagian integral dari pembangunan nasional, yaitu serangkaian kegiatan penanggulangan bencana sebelum, pada saat maupun sesudah terjadinya bencana.


Seringkali bencana hanya ditanggapi secara parsial oleh pemerintah. Bahkan bencana hanya ditanggapi dengan pendekatan tanggap darurat (emergency response).


Lanjutnya,Peran Dan Tanggungjawab Pemerintah dalam Penanggulangan Bencana Daerah terhadap penyelenggaraan penanggulangan bencana meliputi fokus rekontruksi dan rehabilitasi dari pascabencana. 


Jaminan pemenuhan hak masyarakat dan pengungsi yang terkena bencana secara adil dan sesuai dengan standar pelayanan harus segera diupayakan, hal ini untuk mengantisipasi korban yang lebih banyak.


Desa Cibokor salah satu daerah yang rawan bencana maka dari itu kami selaku pemerintah desa berkolaborasi dan selalu berkoordinasi dengan pihak Retana Kecamatan sehingga ada kesiapan tanggap bencana tingkat desa minimal pertolongan pertama bisa dilakukan sebelum ada penanganan lebih lanjut dari BPBD kabupaten Cianjur.


Dengan adanya Bimtek diselenggarakan semoga Retana tingkat desa bisa mengatasinya dengan gerak cepat sehingga proses evakuasi tertangani tanpa harus menunggu dari BPBD Cianjur,karena kita di desa sudah siap secara maksimal.jelasnya


(Rahmat Nugraha)