Akibat hujan deras dan tumpukan sampah bertebaran di sekitaran jalan desa cisarua gang pendidikan
-->

Advertisement


Akibat hujan deras dan tumpukan sampah bertebaran di sekitaran jalan desa cisarua gang pendidikan

LKI CHANNEL
21 May 2022

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Akibat Hujan Deras yang mengguyur  pada  Jumat 20/05/ 2022 membuat beberapa rumah warga kebanjiran, apalagi ketika tumpukan sampah di jalan Nagrak Gang Pendidikan desa Cisarua Kecamatan Membuat warga yang terdampak mengelus dada, perihalnya sampah yang di buang di pinggir jalan di saat hujan Lebat terbawa arus Air selokan yang membuat beberapa gorong gorong mampet sekalagus membuat sampah hanyut berserakan di sepanjang jalan alternatip Nagrak.


Sampah merupakan salah satu penyebab pencemaran lingkungan yang dapat dicegah, seperti tidak membiasakan diri untuk membuang sampah sembarangan dan memilah sampah rumah tangga dengan benar, Kesadaran Warga Masyarakat sangat penting agar tidak membuang sampah sembarangan apalagi sampai membuat gorong gorong atau selokan menjadi mampet. Ucap" Kades Cisarua Kosasih" sambil membersihkan sampah yang berserakan Bersama Babinsa Koramil Nagrak, Unit Reaksi Cepat URC, dan P2BK kecamatan Nagrak. 


Tidak hanya tugas pemerintah, menjaga lingkungan  dengan tidak membuang sampah sembarangan ,perlu andil dari semua pihak, termasuk masyarakat. Kesadaran diri agar tidak membuang sampah sembarangan merupakan upaya menjaga lingkungan agar bersih dan bisa meminimalisir bencana banjir,  "tandas Kosasih"


Kesadaran ini tidak membuang sampah sembarangan harus tumbuh dalam diri kita semua  sebagai masyarakat, sementara itu, kerap ditemukan beberapa lokasi salah satunya tanah milik pengelola wisata Spark Advetures yang sejatinya bukan tempat sampah justru melimpah sampah menumpuk di lokasi tersebut, kebanyakan warga luar Desa Cisarua yang sering melempar sampah kelokasi tersebut.


Kami Selaku  Pemdes Cisarua lantas memasang Spanduk Himbauan  teguran yang bahkan kami memasang pembatas dengan bambu. Untuk itu langkah Pemdes Cisarua menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan,apalagi sampai membung sampah di lokasi yang sudah kami pasangi spanduk, akan kami tindak tegas, dan Untuk Dinas PU kita berharap ada perbaikan saluran air, yang mana salah satu peyebab warga kebanjiran karena gorong" tersumbat sampah, karna gorong gorong atau saluran air tidak memadai sehingga air meluap dan menyebabkan rumah warga ke banjiran."Ucap Kadus Desa Cisarua Robby."



(Aconk Kupluk)