Anniversary ke 2 SAAC di hadiri kepala dinas perikanan... beginilah harapan nya
-->

Advertisement


Anniversary ke 2 SAAC di hadiri kepala dinas perikanan... beginilah harapan nya

LKI CHANNEL
12 February 2023

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Dalam rangka memperingati Anniversary Komunitas Pemancing SAAC (Sukabumi Adventurous Angler Community) ke 2 maka pada hari Minggu 12 Februari 2023 di laksanakan Pelepasliaran Ikan, Kompetisi Mancing dan Penanaman Pohon yang berlokasi di sungai Cimuncang Desa Sukaraja Kecamatan Sukaraja. 


Dalam acara tersebut di hadiri oleh Kepala Dinas Perikanan  Kab. Sukabumi Nunung nurhayati,Kepala Bidang Pengelolaan Perikanan Tangkap sub koordinator Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan ,Analis Pengelola Sumberdaya Ikan serta Komunitas Pemancing Sukabumi, Bogor dan Cianjur.


Acara tersebut berlangsung semarak dengan berbagai kalangan komunitas pemancing yang menghadiri dengan dukungan pemda dalam hal ini dinas perikanan


Harapan Kepala dinas perikanan dengan ada nya acara acara seperti ini sebagai upaya mendorong komunitas untuk terus mengkampanyekan pelestarian ikan melalui event komunitas dan diharapkan kedepan komunitas dapat mengadakan acara di HJKS Sukabumi dengan mengundang Bupati.  


Komunitas SAAC tersebar di berbagai perairan baik sungai, danau dan situ. Fokus tangkapannya adalah ikan-ikan kecil Komunitas SAAC aktif dalam melakukan pelepasliaran ikan. Salah satunya melalui rilis ikan wader dalam upaya pelestarian SAAC memiliki rules dalam komunitasnya Diantaranya tidak boleh memposting ikan dalam kondisi mati, dan terus mengkampanyekan ukuran ikan sidat khususnya yang diperbolehkan untuk ditangkap sesuai dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan.  

 

Kemudian SAAC menyampaikan komitmen melalui slogan fish and release, dimana terus mengaungkan untuk stop racun dan stop membunuh ikan dan kegiatan positif lainnya dari komunitas pemancing adalah sosialisasi untuk tidak membuang sampah di sungai 

 


Lebih lanjut Kadis perikanan Nunung nurhayati juga menyampaikan Kabupaten Sukabumi memiliki Peraturan Daerah tentang Pengelolaan Perikanan, salah satu isi Perda tersebut mengenai perlindungan dan pelestarian ikan ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada komunitas pemancing yang turut aktif dalam kegiatan pelestarian dengan melaksanakan rilis ikan hasil tangkapannya. Kegiatan positif dari komunitas ini agar dapat dikampanyekan melalui sosial media 

 

Acara terakhir adalah Serah terima sebanyak 4000 ekor ikan tawes dari Dinas Perikanan Kepada Komunitas untuk dilepasliarkan di Sungai Cimuncang Desa Sukaraja Kecamatan Sukaraja karena dengan hadirnya komunitas juga sebagai pembangkit UMKM dimana banyak juga usaha yang masuk ke dalam komunitas seperti penyediaan joran, baju, dan perlengkapan mancing lainnya tutup nya.


(Yopi)