Dinas perikanan Kab.Sukabumi hadiri sarasehan Masyarakat limnologi Indonesia
-->

Advertisement


Dinas perikanan Kab.Sukabumi hadiri sarasehan Masyarakat limnologi Indonesia

LKI CHANNEL
31 May 2023

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Pada hari Rabu 31 Mei 2023 bertempat di ruang Pertemuan Caldera Adventure Sukabumi di Kecamatan Cikidang diadakan lah Sarasehan Masyarakat limnologi Indonesia dan pemberian materi mengenai ikan migrasi.


Sarasehan tersebut di hadiri oleh Badan Riset Inovasi Nasional Indonesia beserta team sebagai narasumber juga hadir pula rombongan dari Dinas Perikanan kab.Sukabumi antaranya Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi  (Nunung Nurhayati, S,Sos.,KP.,M.Si),Kepala Bidang Pengelolaan Perikanan Tangkap (Mirna Puspitasari, S.TP., MP) ,Sub Koordinator Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi (Susanti Mariam, S.Pi., M.Pi), Analis Pengelolaan Sumberdaya Ikan (Widya Cadharsi, S.S.T.Pi),Penyuluh Perikanan Bantu serta 20 orang peserta lainnya yang terdiri dari nelayan dan pemancing ikan di Perairan darat.


Dalam acara tersebut dihasilkan beberapa pembahasan antaranya 

1. Dalam rangka memperingati World Fish Migration Day (WFMD) 2023 dengan tema besar “CONNECTING FISH, RIVERS AND PEOPLE”, Masyarakat Limnologi Indonesia atau Indonesian Limnological Society (MLI) bekerja sama dengan Pusat Penelitian Limnologi dan Sumber Daya Perairan - BRIN akan mengadakan beberapa acara dalam rangka menuju Konferensi Ilmiah Tahunan atau Annual Scientific Conference (PIT-MLI), diawali dengan acara Sarasehan dengan para nelayan, komunitas pemancing dan stakeholder terkait yang salah satu agenda nya adalah pemberian materi mengenai ‘Mengenal Ikan Sidat Sebagai Ikan Migrasi dan Ekosistem Sungai Sebagai Habitat dan Jalur Migrasi Sidat”.

2. Masyarakat Limnologi Indonesia (MLI) merupakan organisasi profesi yang dalam kegiatannya melibatkan anggota dari berbagai latar belakang antara lain: peneliti, pengajar, maupun pemerhati di bidang perairan darat (limnologi) di wilayah NKRI.

3. Pertemuan ilmiah Masyarakat Limnologi Indonesia yang di selenggarakan bertujuan sebagai ajang berdiskusi, berbagi dan menciptakan jejaring antara komunitas yang tertarik pada ekosistem perairan darat selain itu pemberian materi diberikan agar menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan perairan darat agar tetap lestari. 


Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Pusat Riset Limnologi dan Sumber Daya Air, BRIN: Dr. Hidayat, M.Sc yang selanjutnya diberikan materi mengenai Tagging ikan dan pelepasan (restocking) ikan sidat yang disampaikan oleh ibu Rahmi Dina, S.Pi., M.Si, dimana pemberian materi ini penting sebagai bekal dasar untuk melakukan ketelusuran ikan yang di restocking, Taging ini bertujuan untuk mengetahui pola migrasi ikan,pertumbuhan, kelimpahan dan tingkat kehidupan ikan yang di lepasliarkan, setelah itu dilakukan praktek teknik tagging ikan sidat sebelum di lepasliarkan para peserta turun langsung untuk membius ikan, melakukan pengukuran Panjang dan berat, tagging ikan sekaligus pencatatan. Kemudian secara bersama-sama dilakukan pelepasliaran ikan sidat sebanyak 300 ekor ukuran 100-200gr di sungai Citarik.


Dalam kesempatan itu Dinas Perikanan kabupaten Sukabumi menjelaskan bahwasan nya sedang berupaya untuk meningkatkan produksi perikanan semaksimal mungkin, hal ini untuk mendukung program IMAH (Ikan Masuk Rumah) yang sedang di galakkan sebagai salah satu terobosan agar angka konsumsi ikan Masyarakat Sukabumi meningkat, melalui pertemuan ini diharapkan terjadi sinkronisasi semua stakeholder dalam upaya menjaga kelestarian sidat di alam, sehingga ketersediaanya stok nya terjaga dan dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat Sukabumi melalui program budidaya dan pengembangan usaha olahan ikan.


Dan di harapkan Intansi, komunitas pemancing dan stakeholder lainnya yang melakukan restocking atau pelepasliaran ikan sidat dapat mengaplikasikan teknik tagging ikan dan bersama-sama melakukan monitoring terkait ketersediaannya di alam.


(Yp)