Dinas perikanan tinjau langsung tumpukan sampah di muara Cimandiri
-->

Advertisement


Dinas perikanan tinjau langsung tumpukan sampah di muara Cimandiri

LKI CHANNEL
25 May 2023

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Peninjauan tumpukan sampah di Muara Cimandiri dilaksanakan pada hari rabu 24 mei 2023 dengan mengambil lokasi Muara Cimandiri dan Pesisir pantai loji.


Peninjauan lokasi tersebut juga di hadiri oleh Direktorat Jendral Pengelolaan Ruang Laut , Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat.

 

Sedangkan Peserta yang ikut hadir dari Dinas Perikanan antaranya Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi  (Nunung Nurhayati, S,Sos.,KP.,M.Si) ,Sub Koordinator Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi (Susanti Mariam, S.Pi., M.Pi) , Analis Pengelolaan Sumberdaya Ikan (Widya Cadharsi, S.S.T.Pi)

 

Peninjauan kali ini dalam rangka menindaklanjuti tinjauan langsung Kadis Perikanan bersama Pemerintah Kecamatan Simpenan ke Muara Cimandiri pada Tanggal 19 Mei 2023, Kepala Dinas Perikanan bersama Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut KKP dan Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Jawa Barat melakukan peninjauan langsung terhadap adanya penumpukan sampah di Muara Cimandiri.


Disampaikan pula bahwa potensi sidat yang melimpah saat ini mulai terancam keberadaanya oleh semakin banyaknya sampah yang menumpuk di muara sungai, padahal muara sungai Cimandiri merupakan habitat alami dan ikan sidat di tempat ini sangat melimpah. Dimana semua mata tertuju pada Kawasan tersebut, sehingga hal ini harusnya segera kita benahi bersama.


Muara sungai menjadi tempat awal yang penting untuk ikan Sidat beruaya ke perairan sungai. Beberapa muara sungai yang ada di pesisir pantai Sukabumi menjadi daerah aktivitas penangkapan ikan Sidat yang tinggi, salah satunya adalah yang memiliki potensi sangat melimpah yaitu sungai Cimandiri.


Kadis Perikanan berharap dengan melihat langsung ke lapangan dari pihak pusat dapat memberikan solusi dan penanganan nyata terhadap upaya yang dapat di lakukan guna melindungi ekosistem sumberdaya ikan yang terdampak tersebut. 



Harapannya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat dan para stakeholder terkait dalam kepedulian dan pengelolaan limbah rumah tangga, sebagai upaya pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungannya sehingga biota yang ada di dalam ekosistem tersebut tetap lestari.


(Yp)