Lounching Program IMAH (Ikan Masuk Rumah) di laksanakan di desa Cibodas Bojong genteng
-->

Advertisement


Lounching Program IMAH (Ikan Masuk Rumah) di laksanakan di desa Cibodas Bojong genteng

LKI CHANNEL
16 June 2023

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Pada hari Jum’at, 16 Juni 2023 bertempat di Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng di adakan lah Lounching Program IMAH (Ikan Masuk Rumah) dengan dihadiri oleh 


1. Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi

2. Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi

3. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

4. Kepala Bappelitbangda

5. Direktur Utama Perumda Agro

6. Camat Bojonggenteng

7. Kepala Desa Cibodas

8. Ketua TP PKK Kecamatan Bojonggenteng

9. Ketua TP PKK Desa Cibodas

10. Ketua Puskesmas Kecamatan Bojonggenteng

, dengan sasaran Ibu  hamil KEK dan Anak yang termasuk ke dalam kategori stunting di Desa Cibodas.


Lounching Program yang di luncurkan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati, S.Sos,KP, merupakan sebuah program yang dicanangkan untuk menanggulangi stunting di Kabupaten Sukabumi selain sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam menurunkan dan mencegah stunting baru, program ini merupakan bentuk upaya membangun kesadaran gizi individu maupun masyarakat luas agar gemar mengkonsumsi ikan. 


Menurut Nunung, Program ini diharapkan dapat meningkatkan produksi perikanan melalui pembangunan Kampung Unggulan Perikanan guna peningkatan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, diharapkan bisa memotivasi masyarakat secara luas agar gemar mengkonsumsi ikan secara teratur dan berkelanjutan, sehingga permintaan ikan di masyarakat meningkat. 


Hal tersebut membuat para pelaku usaha perikanan lebih terpacu dalam meningkatkan produksi untuk memenuhi permintaan pasar. Selain itu masyarakat dapat menyediakan ikan untuk keluarganya melalui pemanfaatan pekarangan rumah untuk budidaya ikan sendiri serta memanfaatkan wilayah PUD (perairan umum daratan) dengan usaha penangkapan ikan dan budidaya ikan.


Stunting merupakan issu nasional yang masih menjadi permasalahan serius ,perlu keterlibatan dan kerjasama antar unsur pemerintah di Kabupaten Sukabumi untuk dapat menanggulanginya. Pada hari ini Dinas Perikanan membagikan paket olahan Ikan sebanyak 100 paket ikan untuk anak-anak dan ibu hamil dengan kategori KEK. Selain itu, diserahkan juga bantuan benih ikan untuk budidaya sebanyak 3000 ekor ikan nila, dan 3000 ekor ikan nilem untuk kegiatan restoking.

 

Selain pemberian paket bantuan olahan ikan dan benih ikan, Dinas Perikanan juga memberikan sosialisasi pemanfaatan pekarangan rumah untuk budidaya ikan, Sosialisasi Pentingnya Recstoking Ikan di wilayah PUD (Perairan Umum Daratan) dan Sosialisasi Manfaat Makan Ikan.


Dalam kesempatan ini, Dinas Perikanan bekerjasama dengan Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan (BBP3KP) Palabuhanratu sebagai narasumber untuk memberikan demo masak olahan serba ikan.


Jenis olahan yang di praktekan adalah olahan kaki naga dengan bahan dasar ikan kakap hitam. Tujuan dari demo masak ini adalah meningkatkan pengetahuan peserta dalam mengolah ikan menjadi berbagai bentuk olahan ikan sehingga ikan disukai oleh anak-anak.


Program IMAH ini tidak hanya dilaksanakan pada hari ini tetapi sudah dilaksanakan juga di beberapa lokasi, hari selasa tanggal 13 Juni 2023 di laksanakan di Desa Kebonmanggu Kecamatan Gunungguruh yang dihadiri oleh orang tua dengan anak yang terindikasi stunting sebanyak 40 orang, hari rabu tanggal 14 Juni 2023 di laksanakan di Desa Sirnaresmi Kecamatan Gunungguruh yang dihadiri oleh orang tua dengan anak yang terindikasi stunting sebanyak 59 orang, hari kamis tanggal 15 Juni 2023 di laksanakan di Desa Tanjungsari Kecamatan Jampang Tengah yang dihadiri oleh orang tua dengan anak yang terindikasi stunting sebanyak 91 orang,da juga dihari yang sama dilaksanakan di Desa Sekarwangi yang dihadiri oleh orang tua dengan anak yang terindikasi stunting sebanyak 25 orang.


Harapan dengan diluncurkannya Program IMAH, diharapkan produksi perikanan di Kabupaten Sukabumi meningkat sehingga ketersediaan dan kemudahan akses masyarakat atas produk perikanan terpenuhi, serta dapat menanggulangi masalah stunting dengan mengkonsumsi ikan secara rutin.


(Yp)