Kepala dinas perikananan dampingi Bupati Sukabumi hadiri hari nelayan di Ujung genteng
-->

Advertisement


Kepala dinas perikananan dampingi Bupati Sukabumi hadiri hari nelayan di Ujung genteng

LKI CHANNEL
05 July 2023

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Pendampingan Peringatan Hari Nelayan Ujung Genteng ke 57 pada hari rabu 5 juli 2023 di Desa Ujung Genteng Kecamatan Ciracap di hadiri Bupati Sukabumi , Kepala Dinas Perikanan beserta staff , Kepala Dinas Pariwisata beserta staff , Kepala Dinas Budpora beserta staff ,Polres beserta jajaran ,TNI AD beserta jajaran ,HNSI , Nelayan Ujung Genteng  serta masyarakat Ujung Genteng 


Acara dibuka dengan mendengarkan sambutan dari Bupati Sukabumi, Pada penyampaiannya Bupati menekankan bahwa status tanah harus clean and clear untuk pembangunan darmaga dan pengembangan usaha lainnya. Disampaikan bahwa Ujung genteng memiliki potensi alam yang sangat baik karena banyak didominasi dengan batu karang dan pasir putih hingga penangkaran penyu sehingga  perlindungan ekosistem perlu untuk menjadi perhatian bersama. Disisi lain Ujung genteng juga memiliki potensi benur yang besar dimana perlunya upaya pengelolaan dan sinergitas antara pemerintah dan masyarakat agar potensi nya tetap lestari, selain itu Bupati juga menyoroti mengenai keberadaan penyu hijau yang terancam habitat bertelurnya oleh lampu dan jaring. Perlunya edukasi kepada nelayan agar lampu atau halangan jaring tidak menghalangi populasi penyu yg  masuk ke wilayah pangumbahan. Selain itu diharapkan potensi pariwisata yang ada juga perlu didorong sehingga mendongkrak UMKM.


Ketua Panitia Hari Nelayan Ujung Genteng ke-57  Asep JK menyampaikan, dimana bahwa syukuran hari nelayan tersebut merupakan warisan dari para leluhur maka dari itu, melalui ungkapan rasa syukur terhadap sang pencipta tradisi ini bisa dipertahankan sampai dengan anak cucu dimasa depan.


Acara hari nelayan dilaksanakan selama sepuluh hari dan dirangkaikan dengan berbagai kegiatan diantaranya, bersih-bersih pantai, baksos, santunan jompo dan anak yatim, sunatan masal, tabligh akbar, tournament olahraga dan karnaval.


Dalam hal ini dinas Perikanan selalu hadir dalam upaya peningkatan kapasitas nelayan khususnya di daerah ujung genteng, melalui TPI yang merupakan Unit pelayanan yang berada di bawah bidang perikanan tangkap Dinas Perikanan kabupaten Sukabumi, saat ini memberikan banyak kemudahan terhadap nelayan, seperti pendaftaran kartu KUSUKA, pendampingan perijinan usaha hingga pelayanan pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan , upaya ini dilakukan sebagai bentuk upaya perlindungan nelayan untuk menjamin keberlanjutan usaha perikanan tangkap di Kabupaten Sukabumi 


Harapan nya dari berbagai potensi yang dimiliki bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di Kabupaten  Sukabumi khususnya di kawasan Ujunggenteng.