Diseminasi Budidaya ikan untuk masyarakat di laksanakan dinas Perikanan Kab.Sukabumi
-->

Advertisement


Diseminasi Budidaya ikan untuk masyarakat di laksanakan dinas Perikanan Kab.Sukabumi

LKI CHANNEL
14 August 2023

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Desiminasi budidaya ikan di laksanakan dalam rangka sosialisasi kegiatan perikanan khususnya perikanan budidaya untuk Masyarakat. 


Dalam kesempatan tersebut hadir kepala Dinas Perikanan, Kepala Bidang Pengelolaan Perikanan Budidaya dan Subkoor Pemberdayaan Pembudidaya Ikan ia menyampaikan bahwa Sukabumi memiliki potensi perikanan budidaya yang sangat besar tersebar di 47 kecamatan , banyak program dan kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan produksi perikanan dan juga menunjang dalam pengendalian stunting. 


Salah satu program yang digagas oleh Kepala Dinas Perikanan adalah Program IMAH ( Ikan Masuk Rumah) Program ini mengusung konsep peningkatan produksi perikanan dalam lingkup yang lebih kecil yaitu keluarga , dengan Program IMAH setiap keluarga memungkinkan untuk dapat memelihara ikan dalam tempat yang terbatas misalnya dengan media kolam terpal, budidaya ikan dalam ember ( BUDIKDAMBER) dan pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya ikan dengan media lainnya ,selain itu setiap keluarga juga dilatih untuk bisa mengolah bahan baku ikan menjadi berbagai macam olahan yang memiliki nilai ekonomis lebih misalnya baso ikan, nuget ikan, siomay dll.


Dalam hal pelestarian alam terdapat juga program restocking atau pelepasliaran ikan di perairan darat untuk meningkatkan sumberdaya ikan dan menjaga kelestarian berbagai jenis ikan terutama ikan asli perairan darat. 


Di bidang perikanan buididaya terdapat berbagai program yang dapat diakses olah Masyarakat seperti fasilitasi sarana budidaya ikan, peningkatan kapasitas, akses perlindungan pembudidaya ikan melalui kegiatan SEHATKAN (Sertfikias Hak Atas Tanah Pembudidaya Ikan), asuransi perikanan, fasilitasi permodalan melalui LPMUKP, pendampingan pembuatan NIB dll. 


Pada kesempatan tersebut turut juga diserahkan bantuan benih ikan nila dan pakan untuk 50 orang pembudidaya ikan di lokasi tersebut. Semua kegiatan tersebut diharapkan dapat meingkatkan produksi perikanan sekaligus kesejahteraan terutama para pembudidaya ikan.


(Yp)