Tim Rechecking TP PKK Kabupaten Sukabumi Sambangi Desa Jayanti Kecamatan Palabuhanratu dalam Rangka 5 Lomba 10 Program PKK
-->

Advertisement


Tim Rechecking TP PKK Kabupaten Sukabumi Sambangi Desa Jayanti Kecamatan Palabuhanratu dalam Rangka 5 Lomba 10 Program PKK

LKI CHANNEL
16 January 2024

LKI-CHANNEL , SUKABUMI


Tim Rechecking TP PKK Kabupaten Sukabumi Sambangi Desa Jayanti Kecamatan Palabuhanratu, kedatangan TP PKK dalam Rangka 5 Lomba 10 Program PKK. Dimana hasil dari penilaian lomba tersebut, nantinya bagi yang menang akan maju ke tingkat provinsi.


Kedatangan Tim TP PKK Kabupaten Sukabumi yang di ketuai oleh Hj.Yati Jatnika Marwan disambut oleh Camat Palabuhanratu beserta jajaran, Kepala Desa beserta perangkat desa, Ketua TP PKK Kecamatan Palabuhanratu beseeta jajaran, Ketua TP PKK Desa Jayanti beserta kader posyandu dan PKK, Lembaga Desa dan tamu undangan lainnya, Selasa (16/01/2024).


Camat Palabuhanratu, Drs.Dr.H.Ali Iskandar,MH mengatakan bahwa hari ini kita berada di desa Jayanti yang sedang melakukan kegiatan rechecking dari tim penggerak PKK Kabupaten berkaitan dengan 5 lomba 10 program PKK, berkaitan pula dengan pendidikan, berkaitan pula dengan tanggap bencana.


"Alhamdulillah di tahun 2023 dari 47 desa yang dinobatkan nominasi 4, diantaranya hari ini masuk ke babak kualifikasi. Mudah-mudahan Desa jayanti bisa memenuhi kriteria, bisa juga nyata memberikan kemanfaatan untuk warganya dan kemudian mewakili Kabupaten Sukabumi di ajang di tingkat provinsi," katanya.


Oleh karena itu, masih kata H.Ali Iskandar, kami mengucapkan banyak terima kasih lebih khusus kepada pak Kades Jayanti yang kesungguhan mensupport tim penggerak PKK, tentu saja dibantu oleh banyak unsur di tingkat Desa, lembaga kemasyarakatan Desa, BPD, warga dan masyarakat kaum wanita.


"Kita berharap tim penggerak PKK Kabupaten Sukabumi secara objektif menjatuhkan pilihan mewakili Kabupaten untuk Desa jayanti, mohon dorongan doa dari semua," ucapnya.


H.Ali Iskandar pun menjelaskan dari 5 lomba 10 program PKK, yaitu yang pertama berkaitan dengan tertib administrasi, yang kedua adalah berkenaan dengan PAR itu bagaimana kemudian pembinaan anak dan remaja (Paredi) menggunakan pendekatan digitalisasi, yang ketiga berkaitan dengan UP2K usaha peningkatan pendapatan keluarga, yang ke empat adalah berkenaan dengan penataan lingkungan yang sehat asri dan yang kelima terakhir pemeriksaan untuk wanita terhadap gejala kanker rahim.


"Itu 5 lomba dari 10 program PKK ditambah dengan 2 lomba lagi lomba yang pertama adalah tanggap bencana dan yang kedua adalah berkaitan dengan tanggap pendidikan," ujarnya.


Camat Palabuhanratu pun berharap untuk Desa jayanti dan nanti akan mengikuti lomba kembali mewakili Kabupaten sukabumi di ajang provinsi di bulan Mei-Juni dan yang paling utama adalah betul-betul program ini bukan program pelantoris program yang berada di awang-awang baik secara administrasi, tapi juga harus nyata terbukti menghadirkan kemanfaatan dan pemanfaatan.


"Itu tentu saja juga diwujudkan dalam bentuk peningkatan kesejahteraan keadilan dan hadirnya kebersamaan dalam bentuk hubungan kekeluargaan yang terus terbangun di lingkungan warga masyarakat Desa jayanti," jelasnya.


Ditempat yang sama, Kepala Desa Jayanti Nandang,S.Ag menjelaskan bahwa hari ini 16 Januari 2024 ada kegiatan rechecking dari tim PKK Kabupaten tentang 5 lomba 10 program pokok PKK.


"Harusnya kegiatan ini memang terlaksana di tanggal 5 Desember kemudian bergeser ke Maret tapi Alhamdulillah hari ini bisa terlaksana, pertama saya ingin menyampaikan Terima kasih dulu kepada semua jajaran pak camat dan bu camat dalam kapasitas beliau sebagai pembina dan juga ketua PKK kecamatan Palabuhanratu. Kemudian rekan-rekan para ketua lembaga Desa kemudian babinsa, babinmas juga khusus kepada Ketua PKK dan para anggota PKK se'Desa Jayanti termasuk dengan para kader posyandunya yang sudah siap sedia kemudian bekerja sama dengan kompak dalam rangka kegiatan ini," terangnya.


Kades Jayanti pun menyampaikan bahwa hari ini kami di PKK Desa Jayanti melaksanakan rechecking, dimana dari semua Desa di kabupaten Sukabumi ada 4 Desa yang memang terpilih dan masuk nominasi untuk bisa mewakili Kabupaten Sukabumi di tingkat provinsi, salah satu diantara Desa itu adalah Desa Jayanti.


"Prinsip kami adalah Kami harus mempersiapkan diri secara maksimal apapun hasilnya nanti, mudah-mudahan semuanya membawa hikmah. Mau menang alhamdulillah, tidak pun tidak apa-apa, yang penting bahwa kami memang sudah merasa dibina oleh tim PKK Kabupaten ini," ungkapnya.


Ia pun melanjutkan bahwa ini semua berkat kerjasama semua lembaga Desa, berkat kekompakan semua para anggota lembaga Desa, bahkan beberapa malam kita begadang untuk mempersiapkan khusus untuk acara ini meskipun sebetulnya yang alami pun ada yang secara dadakan juga ada.


"Itu semuanya dalam rangka perform Desa Jayanti yang terbaik, karena hari ini adalah momen yang istimewa, momen yang spesial dimana kita masuk ke dalam salah satu desa yang masuk dalam program rechecking kabupaten Sukabumi," jelasnya.


Nandang pun menjelaskan bahwa ada di dalamnya tentang 10 program pokok PKK nya, kemudian ada gelari pelanginya juga ada dan aku hatinya PKK, ada Paready-nya juga sebagai simbol.


"Kawan-kawan media bisa lihat ada beberapa simbol dari program tersebut, contoh ketika ada aku hatinya PKK Itu adalah sebuah singkatan di mana amalkan kukuhnya halaman asri, teratur, indah dan nyaman itu adalah salah satu penilaian yang masuk ke dalam rechecking," tutur Nandang.


Termasuk salah satu item yang masuk ke dalam rechecking adalah gagah bencana, Nandang pjn memaparkan, secara kebetulan Jayanti jauh sebelum ditetapkan sebagai desa yang masuk ke dalam rechecking, jayanti sudah termasuk ke dalam Destana (Desa Tanggap Bencana) dan itu sudah terdaftar sudah masuk di dalam BNPB ataupun BPBD kabupaten Sukabumi, karena wilayah Desa jayanti ini ada pegunungan ada sungai dan ada laut juga, ini yang masuk dalam kategori bahwa Jayanti adalah sebagai Desa tanggap bencana.


"Dikabupaten Sukabumi ini hanya ada 5 Desa 1 kelurahan saja yang masuk ke Destana, salah satu diantaranya ketika berbicara dan ngobrol terkait tentang Destana Jayanti sudah lebih dulu masuk ke dalam destana. Insya Allah terkait tentang gagah bencana termasuk dengan hari ini kami masih dibina kemudian bekerja sama dengan BNPB dengan BPBD mewakili juga IDRIP, world bank juga dari kawan-kawan yang tergabung di dalam Fasda (Fasilitator daerah), Fasdes (Fasilitator Desa)," paparnya.


Setiap Minggu, masih kata Nandang, kita melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang kebencanaan ini. Kemarin itu sudah memasuki pertemuan yang ke-17, Insya Allah pertemuan selanjutnya pertemuan yang ke-18 sampai dengan pertemuan yang ke-34 nanti dan akan berakhir di bulan April 2024, inilah bukti bahwa Jayanti masuk ke dalam destana.


Terkait rencana, kami tergantung tim rechecking Kabupaten Sukabumi, memutuskan hal itu jika memang kami harus berangkat ke Bandung atas dasar pertimbangan atas dasar penilaian dari beliau-beliau, maka kami harus siap," pungkasnya.


Diacara tersebut pun, para ibu-ibu PKK dari Desa Jayanti beserta Tim PKK dari desa-desa yang ada di wilayah Kecamatan Palabuhanratu menampilkan