NGUBEK BALONG WARGA SIDAMULYA PASKA KEMENANGAN PILKADES
-->

Advertisement


NGUBEK BALONG WARGA SIDAMULYA PASKA KEMENANGAN PILKADES

LKI CHANNEL
19 November 2019

LKI-CHANNEL , sukabumi
Pemandangan tidak biasa terlihat di Desa sidamulya Kecamatan ciemas Kabupaten sukabumi, Ratusan warga saling berebut ikan di kolam dengan tangan kosong atau 'ngubek balong' Warga dari usia anak-anak hingga dewasa, turun ke kolam untuk mendapatkan ikan.

"Hal ini dilakukan dalam rangka menggelar pesta rakyat usai calon kepala desa nomor urut 4 yang diusungnya terpilih. Syukuran pilkades tersebut digelar warga di sebuah kolam kisumpel di Kampung citembok,tidak jauh dari perkampungan

Sejak pukul (08 :30) warga sudah memenuhi pinggir kolam, Meski cuaca panas, warga sangat antusias untuk bisa segera menangkap ikan.


Erus (30) salah seorang warga mengaku ngubek balong tersebut dilakukan sebagai rasa syukur. Selain sebagai pesta rakyat, ngubek balong juga jadi ajang persatuan warga pasca pilkades berakhir

"Anak-anak sampai orang tua semuanya turun ke kolam. Harus tangkap ikan pakai tangan kosong. Tidak boleh pakai jaring," ujar erus, disela tangkap ikan, senin ( 18/11/19)

Meski kesulitan mencari ikan di tengah air kolam bercampur lumpur, warga terlihat sumringah. Teriakan gembira dirasakan saat bisa menangkap ikan.

"Kemarin kan sudah tegang waktu pilkades. Sekarang waktunya warga berkumpul dan berbagi kebahagia'an ucapnya.

Kepala Desa terpilih sidamulya , henda  mengatakan, ngubek balong diadakan sebagai bentuk rasa syukur dirinya terpilih juga untuk memeriahkan atas kemenangan.ada sebagian warga juga mencukur  rambut dengan bentuk nomor 4 di kepalanya.

"Di kolam Ada 3 kwintal ikan yang bisa ditangkap warga.juga Ratusan warga turun ke kolam untuk saling menangkap ikan,"tutur  henda  saat di temui LKI-CHANNEL  (ibenk)