Nilai SAKIP B , Bupati sukabumi berharap Birokrat tingkat kan kinerja
-->

Advertisement


Nilai SAKIP B , Bupati sukabumi berharap Birokrat tingkat kan kinerja

REDAKSI
10 Februari 2020

LKI-CHANNEL , SUKABUMI

Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami Menerima Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)
Provinsi dan Kabupaten/Kota Wilayah I Tahun 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Kota Batam, Kepulauan Riau, Senin (10/02/2020)


Penyerahan hasil evaluasi SAKIP diserahkan langsung oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo kepada 185 Pemda yang terdiri atas 11 Provinsi dan 174 Kabupaten dan Kota Pemerintah Daerah wilayah I yaitu Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatra Selatan, Banten, dan Jawa Barat.
Menurut Menteri, di Provinsi Jawa Barat, hampir seluruh jajaran dibawahnya mendapatkan nilai yang sama.

"Kalau tahun kemarin Jogja, tahun ini Jabar, Provinsi Jawa Barat memang tata kelolanya bagus," kata Menteri PANRB Tjahjo Kumolo usai menyerahkan hasil evaluasi SAKIP
Penilaian evaluasi SAKIP, kata Menteri, melalui proses yang ketat dengan banyak tahapan yang harus dilelalui.

Sementara itu, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB, Andi Rahadian dalam siaran Persnya menyampaikan bahwa Penerapan Sakip merupakan langkah konkret yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan reformasi birokrasi, melalui pengelolaan anggaran secara efektif dan efisien
Andi menyampaikan evaluasi yang dilaksanakan Kementerian PANRB dapat memetakan instansi pemerintah pada beberapa kategori sesuai amanat Peraturan Pemerintah No. 8/2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah serta Peraturan Presiden No. 29/2014 tentang Sakip.

"Hasil evaluasi Sakip bukan hanya menitik beratkan pada nilai yang diberikan, namun juga menunjukkan bagaimana kemampuan instansi pemerintah dalam melakukan pengelolaan penggunaan anggaran sehingga dapat dipertanggungjawabkan" tambahnya.

Usai menerima Penghargaan Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami menyatakan bahwa nilai yang diraih dalam Sakip harus menjadi motivasi untuk lebih meningkatkan kinerja pemerintah.
"Pemkab Sukabumi meraih peringkat B, dengan pencapaian ini justru jangan sampai puas diri namun harus jadi motivasi untuk lebih meningkatkan kinerja pemerintah terhadap pengeloaan keuangan yang akuntable, intinya Birokrat harus semakin meningkatkan kinerjanya demi memberikan pelayanan dan kemanfaatan bagi masyarakat" ungkapnya.

Selanjutnya menurut H.Marwan Hamami bahwa penilaian yang diraih tersebut menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dalam pencapaian kinerja yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi
"Ini menunjukan bahwa kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil menunjukan pada arah yang lebih baik" pungkasnya.(yopi)