Polres Pemalang peduli lingkungan penanaman rumput vetiver cegah longsor di bukit Gambangan desa Banyu mudal
-->

Advertisement


Polres Pemalang peduli lingkungan penanaman rumput vetiver cegah longsor di bukit Gambangan desa Banyu mudal

REDAKSI
12 Februari 2020

LKI-CHANNEL ,  pemalang

Penanaman rumput jenis vetiver di pimpin langsung oleh kapolres pemalang AKBP Edy Suranta Sitapu S.IK , MH dalam rangka acara Polres Pemalang peduli lingkungan .

Penanaman rumput jenis vetiver di laksanakan pada hari selasa tanggal 11 / 02 / 2020 , di bukit gambangan , dusun temanggal , desa banyu mudal , kecamatan moga , kabupaten pemalang .


Penanaman rumput jenis vetiver bukan lah yang pertama di laksakan oleh polres Pemalang , mengingat bulan januari lalu polres pemalang melakukan penanaman pohon cemara laut di bibir pantai widuri kabupaten Pemalang .

Acara penanaman rumput jenis vetiver di ikuti oleh 500 orang dan di hadiri oleh kapolres Pemalang dan sekaligus sebagai penanggung jawab acara ini AKBP Edy Suranta Sitepu S.IK,MH , yang di ikuti dandim 0711 pemalang Letkol Inf Irvan Christian Tarigan M ,Han , ketua DPRD kabupaten pemalang H M Agus Sukoco SIP Msi , kepala kejaksaan negri kabupaten pemalang Ferizal SH MH , Pju polres pemalang , para kasi kodim 0711 pemalang , para kapolsek pemalang , para ndanramil pemalang , muspika kecamatan moga , Gunawan Catur (Adm perhutani pekalongan barat ) , anggota polres pemalang , anggota kodim 0711 pemalang , anggota perhutani , ormas  banser  , pemuda pancasila , fatayat NU , Pramuka sakawira kartika , tokoh masyarakat dan masyarakat .

Sebelum melakukan penanaman rumput jenis vetiver kapolres pemalang melakukan apel persiapan penanaman rumput dan siap tanggap bencana .
dalam sambutanya kapolres pemalang mengatakan " perlu kita sadari bersama , bahwa kelestarian alam serta sumber hayati ekosistem merupakan urat nadi bagi keseimbangan alam , harus kita pertahankan dan upaya rebolisasi penanaman pohon di setiap jengkal tanah harus kita gelorakan sebab bencana alam seperti banjir dan tanah longsor merupakan ulah manusia itu sendiri , yang tidak mau menyukuri nikmat yang di berikan oleh tuhan kepada kita .
Sehingga masih sering kita dengar adanya penebangan liar , pemanfaatan lahan yang bukan hak dan lain lain .
kegiatan kita kali ini bukanlah yang pertama , kami berupaya budaya penanaman pohon harus kita gelorakan .
wilayah pemalang selatan bagian watu kumpul , belik , moga merupakan daerah yang rawan terjadinya longsor .
maka dari itu hari ini kami dari polres pemalang , bersama elmen masyarakat memulai menanam rumput jenis vetiver di mana jenis rumput ini memiliki kelebihan untuk mengikat tanah lebih kuat daya cengkramannya ,di mana presiden RI Jokowi memerintahkan kepada pemerintah daerah termasuk kita semua yang di wilayah rawan longsor agar menanam rumput vetiver ini , hal ini sudah di buktikan bahwa Jokowi telah menanam jenis rumput ini di desa pasir madang , suka jaya , bandung jawa barat , di mana kawasan tersebut sering di landa tanah longsor .

Pada bulan januari lalu kita sudah bersama sama dengan elemen masyarakat pesisir pantai menanam cemara laut di tepi pantai widuri , di bibir pantai depan makam Syeh Maulana Samsudin , dan kali ini kita akan menanam rumput jenis vetiver di kecamatan Moga , bulan depan insya allah kita juga akan tanam lagi cemara laut di wilayah kali prau , kecamatan ulu jami .
mari saya mengajak semua elmen masyarakat khususnya yang ada di kabupaten pemalang untuk menggelorakan penanaman pohon demi anak cucu kita kelak di kediaman " ujarnya .

Setelah penanaman rumput jenis vetiver acara di lanjutkan saresehan makan bersama dengan di iringi organ tunggal , selama acara berjalan dengan lancar dan aman kemudian di lanjutkan kunjungan kerja kapolres pemalang ke polsek pulosari , dan dandim silaturahmi ke PTPN lX Semugih kecamatan Moga .

(Ragus t.u dan Arni agustina)