Memilukan !!! 6 Tahun Setelah Berdiri SMPN 8 Alasa Dalam Kondisi Seperti ini
-->

Advertisement


Memilukan !!! 6 Tahun Setelah Berdiri SMPN 8 Alasa Dalam Kondisi Seperti ini

LKI CHANNEL
30 January 2021

LKI-CHANNEL , NIAS 

Tujuan utama dari Standar Pendidikan Nasional adalah untuk menjamin mutu pendidikan nasional guna mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara,membentuk karakter serta peradaban bangsa.

Sebagaimana fungsi Standar Nasional Pendidikan menjadi dasar perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pendidikan dalam penyelenggaraan  pendidikan nasional secara merata dan berkualitas diseluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Delapan standar pendidikan menjadi sebuah pedoman dalam pencapaian pendidikan nasional yang berkualitas, mencerdaskan kehidupan bangsa agar terbentuk karakter dan peradaban bangsa dimana harus terarah dan berkelanjutan.

Tetapi melihat Sekolah SMP Negeri 8 Alasa ,yang beralamat Loloana'a  ulumudula Desa Loloana’a Kecamatan Alasa Kabupaten Nias Utara, kondisinya sangat memprihatinkan.

Bangunan yang digunakan sebagai sarana generasi penerus bangsa untuk mendapat sebuah pendidikan belum layak memenuhi standar Sarana dan Prasarana pendidikan.

Bangunan Ruang kelas yang terbatas dan masih berdinding papan serta beratap rumbia yang bila  hujan datang serta angin kencang rentan bocor dan terlepas yang pastinya membuat kegiatan belajar mengajar (KBM) tidak nyaman.

Hal ini membuat orang tua murid khawatir terhadap kualitas pendidikan dimana anak mereka mendapatkan sebuah pendidikan melihat sarana prasana pendidikan yang belum sesuai standar pendidikan.

Melalui media.lki.com memberi sebuah sinergitas sebagai social control serta bagian dari masyarakat untuk menyampaikan Informasi kepada pemerintah terlebih Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Utara agar melakukan pemantauan serta pengawasan kondisi SMP Negeri 8 Alasa Kecamatan Alasa.

Menimbang status sekolah tersebut adalah sekolah pemerintah dan sudah sepatutnya memberikan perhatian dalam penyelenggaraan pendidikan yang akan berkembang dalam perjalanan waktunya.

Saat ini sebanyak 90 siswa didik yang mendapatkan pendidikan dengan 4 rombel yang tersedia kondisinya sudah darurat.

Anwar zalukhu Kepala sekolah SMPN 8 Alasa memberikan keterangan "kami sebagai pendidik sangat prihatin melihat kondisi sekolah sampai saat ini dan sudah berusaha mengatasi serta menyampaikan juga permohonan kepada pemerintah melalui Dinas Pendidikan,mengenai kondisi sekolah namun sampai sekarang belum ada informasi maupun respon lebih lanjut"ungkap Kepala sekolah.

Diharapkan Pemerintah dan Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Utara dapat memberikan perhatian dan mengevaluasi kondisi sekolah tersebut agar kualitas dan kuantitas pendidikan semakin meningkat.

Dapat memenuhi 8 Standar pendidikan yang meliputi:-Standar isi,-Standar Kompetensi Kelulusan,-Standar Proses Pendidikan,-Standar Sarana dan Prasarana

Standar Manajemen atau pengelolaan,-Standar Pembiayaan Pendidikan,-Standar Penilaian Pendidikan,Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang merupakan proses juga pedoman peningkatan pendidikan yang berkualitas serta berkarakter dalam tujuan pendidikan nasional.

Yang menjadi utama adalah sarana dan prasarana sebagai penunjang pendidikan baik dan mencukupi semua kepentingan proses pembelajaran sehingga kegiatan yang dilakukan memberikan hasil maksimal oleh karena sarana dan prasarana sangat penting.

(gina lestari)